Inilah 6 Masakan Khas Kalimantan Yang Bikin Penasaran

Makanan Khas Sulawesi
Selain Coto Makassar, Ini 4 Makanan Khas Sulawesi yang Bisa Anda Cicipi
November 12, 2017
Restoran Yang Mempekarjakan Robot Sebagai Pelayan
5 Restoran Yang Mempekerjakan Robot Sebagai Pelayan
November 12, 2017
Show all
Makanan Khas Kalimantan

Pulau kedua terbesar Indonesia yang terkenal akan penghasilan alamnya yang melimpah ini ternyata memiliki banyak makanan khas yang bikin penasaran. Jika dibandingkan dengan makanan khas dari pulau lainnya di Indonesia, makanan khas Kalimantan mungkin tidak banyak diketahui orang. Namun, siapa sangka makanan khas Kalimantan ternyata lezat dan wajib untuk dicoba.

  1. Ketupat Kandangan – Makanan Khas Kalimantan

Ketupat Kandangan Makanan Khas Kalimantan

Image source : intisari.grid.id

Masakan khas dari daerah Kandangan, Kalimantan Selatan ini terbuat dari bahan seperti ketupat pada umumnya yang terbuat dari beras. Hanya saja tekstur ketupat sedikit agak kasar. Yang memberi ciri khas ketupat kandangan adalah penggunaan ikan haruan (gabus) dan kuah santan sebagai pendamping ketupat.

Untuk cara pembuatannya, ikan gabus dipanggang terlebih dahulu dan kemudian dimasak dengan kuah santan. Setelah di masak, ikan gabus dan kuahnya disiram ke ketupat. Kuah santan yang digunakan juga diracik khusus dengan campuran bumbu masak yang terkenal dapat memberi aroma, seperti kayu manis, pala, kepulaga, cengkeh, kemiri, serai, bawang putih dan bawang merah. Biasanya ketupat kandangan dimakan saat  sarapan, makan siang, atau makan malam.

  1. Mandai 

Mandai Makanan Khas Kalimantan

Image source : masakandapurku.com

Masih dari Kalimantan Selatan, ada makanan khas yang disebut Mandai. Tetapi bagi masyarakat setempat, selain Mandai, mereka juga menyebutnya Mandai Basang atau Dami. Mandai terbuat dari kulit buah cempedak yang digoreng.

Untuk cara pembuatannya juga tidak susah. Kulit cempedak dipisahkan dengan isinya yang berwarna putih. Kulit cempedak kemudian dipotong dan dibersihkan untuk kemudian direndam dengan larutan garam. Semakin lama direndam, rasanya akan semakin asam, lebih lunak dan tentunya lebih enak dimakan. Biasanya, Mandai dimakan dengan cara digoreng atau ada yang memasaknya dengan gulai untuk lauk.  

  1. Bubur Pedas 

Bubur Pedas Makanan Khas Kalimantan

Image source : taslabnews.com

Bubur Pedas merupakan makanan khas tradisional yang berasal dari Sambas dan Serawak. Di Serawak biasanya makanan ini disajikan selama bulan Ramadhan dan menjadi panganan di waktu berbuka puasa. Bahan utama yang digunakan untuk membuat bumbu bubur pedas adalah bawang putih, bawang merah, cabai kering, kunyit, serai, lengkuas, dan juga kelapa parut.

Sedangkan untuk buburnya menggunakan wortel, kentang, sayuran hijau, jamur, rebung, daun kunyit, kacang panjang, udang kering, dan juga daging yang telah dibumbui. Jenis makanan ini berasal dari orang-orang Melayu di Sambas, Kalimantan Barat. Selanjutnya diadaptasi sebagai makanan oleh orang Melayu di Serawak.

Di daerah Kalimantan Barat biasanya bubur pedas terbuat dari bubur nasi yang dicampur dengan sedikit ikan teri, daun bawang, rempah-rempah, dan juga daun bawang. Tidak lupa juga menambahkan saus dan kecap sebagai penambah cita rasanya dan Anda bisa juga menambahkan bubur pedas dengan jeruk limau sesuai selera. Bubur pedas merupakan salah satu makanan rakyat di Sambas. Selain itu, Anda bisa juga menemukan bubur pedas di Pontianak yang menjual makanan ini dengan gerobak.

  1. Soto Banjar – Makanan Khas Kalimantan 

Soto Banjar Makanan Khas Kalimantan

Image source : tastemade.com

Soto Banjar yang merupakan makanan khas Suku Banjar, Kalimantan Selatan. Bahan utama yang digunakan untuk membuat Soto Banjar adalah ayam yang memiliki aroma rempah-rempah. Selain ayam, Soto Banjar juga sering ditambahkan dengan perkedel, rebusan telur, dan juga ketupat sebagai pelengkapnya.

Bumbu Soto Banjar hampir sama dengan Soto Ayam yang menggunakan bawang merah, bawang putih, dan merica. Bumbu yang ada akan ditumis terlebih dahulu dengan menggunakan sedikit minyak goreng atau minyak samin sampai harum. Setelah ditumis bumbu-bumbu tersebut dimasukkan kedalam kuah rebusan ayam.

Kebanyakan penjual yang menyajikan Soto Banjar juga menyajikan Sate Ayam sebagai makanan pendamping. Selain itu banyak juga masyarakat menyebut nasi sop untuk merujuk soto banjar yang dimasukkan ke dalam sepiring nasi.

  1. Mi Sagu – Makanan Khas Kalimantan 

Mie Sagu Makanan Khas Kalimantan

Image source : tripadvisor.com

Makanan khas selanjutnya yang bisa Anda coba cicipi adalah mi sagu. Mi Sagu telah ada sejak zaman dahulu dan menjadi makanan yang diminati banyak masyarakat sampai hari ini. Mi Sagu merupakan makanan khas yang terbuat dari tepung sagu yang diolah dari batang pohon sagu. Pohon sagu banyak tumbuh liar di Indonesia dan ada juga yang dibudidayakan di perkebunan rakyat.

Hal yang membedakan mi sagu dengan jenis mi yang lainnya adalah adanya tambahan ikan bilis atau ikan teri, tauge, dan juga potongan daun kucai. Selanjutnya mi sagu juga memiliki tingkat kekenyalan yang berbeda dengan jenis mi yang memiliki bahan dasar terigu.

  1. Ayam Cincane – Makanan Khas Kalimantan

Ayam Cicane Makanan Khas Kalimantan

Image source : resepayambebek.blogspot.com

Ayam Cincane merupakan makanan khas dari Kalimantan Timur dan sering kali ditemukan pada acara-acara besar seperti pesta pernikahan dan juga penyambutan tamu-tamu kehormatan. Selain di acara-acara besar, makanan ini bisa juga Anda temui di beberapa rumah makan dan kedai.

Ciri khas dari Ayam Cincane adalah ayam kampung yang disajikan dengan bumbu berwarna kemerahan dan tidak Anda temui pada jenis makanan berbahan ayam yang lainnya.

Itulah 6 jenis makanan khas dari Pulau Kalimantan yang tidak kalah enak dan nikmat untuk Anda cicipi. Jika Anda berkunjung ke Pulau Kalimantan, jangan lupa untuk mencicipi salah satu makanan di atas ya.

Apa jenis makanan dari Pulau Kalimantan yang menarik untuk Anda coba? Semoga informasi di atas dapat menginspirasi!

 

(Visited 164 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.