4 Kreasi Burger Unik Ini Patut Dicoba di Dapur Anda!

Rempah Indonesia Yang Berkhasiat
7 Rempah Dapur Khas Indonesia Yang Berkhasiat
November 3, 2017
Aneka Cheesecake Super Lezat Yang Ada di Jakarta
Ini Cheesecake Super Enak Yang Bisa Anda Temui di Jakarta
November 3, 2017
Show all
Kreasi Burger Unik Yang Patut Dicoba

Kreasi Burger (Image source : seriouseats.com)

Ada banyak versi tentang asal-usul burger namun sampai sekarang tidak jelas bagaimana roti isi daging dengan aneka sayur ini bermula. Yang banyak kita ketahui makanan ini berasal dari budaya barat namun sudah tersebar ke seluruh dunia. Percampuran budaya ini ternyata membuat banyak orang berkreasi membuat burger versinya sendiri. Ada yang hanya ingin bereksperimen, tapi ada juga yang karena merasa resep burger yang konvensional tidak cocok dengan seleranya. Bagaimana dengan Anda? Ingin mencoba kreasi burger yang lain? Coba ini kreasi burger unik di bawah ini!

  1. Burger Nasi – Kreasi Burger Unik 

Burger Nasi Kreasi Burger Unik

Burger Nasi (Image source : honestcooking.com)

Bagi kita yang terbiasa makan nasi, menyantap burger yang berbahan roti mungkin terasa kurang nendang. Anda bisa mengganti roti dengan nasi yang sudah dipipihkan. Caranya sangat mudah. Campurkan nasi, telur bersama keju parut dan bentuk pipih. Setelahnya lumuri dengan tepung terigu, celupkan dalam telur yang sudah dikocok lalu gulirkan ke atas tepung panir. Simpan ke dalam freezer selama 5 menit.

Panaskan minyak di atas kompor gas atau kompor alumunium, kemudian goreng. Selanjutnya Anda tinggal memberi isian nasi dengan daging burger dan sayur-sayuran.

  1. Burger Mie – Kreasi Burger Unik 

Burger Mie Instan Kreasi Burger Unik

Burger Mie Instan (Image source : squarespace.com)

Mengganti roti dengan mie instan memberi sensasi makan burger yang dijamin berbeda. Selain mengenyangkan, bumbu yang disertakan di dalam mi akan membuat rasa ‘bun’-nya semakin kaya dan tentu saja akan lebih lezat ketimbang roti biasa.

Caranya masak 2 bungkus mi instan seperti biasa. Kocok 2 butir telur dengan daun bawang, masukkan mi beserta bumbu-bumbunya lalu aduk hingga rata. Siapkan mangkuk kecil untuk mencetak mi agar menyerupai roti. Tutup dengan plastik lalu simpan di dalam freezer selama 2 jam.

Setelah beku, panaskan minyak di atas kompor gas dan goreng dengan api kecil hingga kecokelatan. Langkah selanjutnya sama dengan langkah yang biasa Anda lakukan saat membuat burger dengan roti.

  1. Burger Tempe – Kreasi Burger Unik 

Burger Tempe Kreasi Burger Unik

Burger Tempe (Image source : detik.com)

Jika nasi dan mi dijadikan pengganti bun/roti, tempe di sini akan kita jadikan sebagai pengganti daging. Karena bebas daging, burger tempe ini sangat cocok untuk Anda yang vegetarian atau tidak suka daging.

Hancurkan ½ papan tempe, kukus selama 5 menit. Siapkan bumbu seperti bawang putih, bawang merah dan lada campurkan hingga merata dengan tempe halus. Bentuk adonan menjadi bulat pipih lalu gulingkan ke telur dan ke tepung panir.

Siapkan minyak panas, goreng dengan api kecil agar bagian dalam juga ikut matang. Tunggu sampai warna berubah cokelat keemasan. Setelah matang, Anda bisa menjadikannya sebagai bahan isian burger atau menyantapnya sebagai nugget camilan.

  1. Burger Charcoal – Kreasi Burger Unik

Burger Charcoal Kreasi Burger Unik

Burger Charcoal (Image source : standard.co.uk)

Warna hitam yang tidak lazim untuk sebuah burger sedang diminati banyak orang. Kalau sedang ada waktu luang, alih-alih membeli di gerai langganan, tidak ada salahnya mencoba membuat sendiri burger hitam ini. Pertama-tama, buat biangnya terlebih dahulu. Biang ini dibuat dengan mencampurkan 1 sdt gula pasir dan 3 gram ragi bersama 50 ml susu cair hangat, biarkan hingga 10 menit.

Bahan-bahannya: 240 gram tepung terigu 10 gram bubuk arang hitam (arang bambu, bisa dibeli di swalayanh/ toko kue), 2 sdm gula pasir, 40 gram margarin, 50 ml susu, 1 butir telur dan 3 gram garam, campurkan dengan biang. Uleni hingga kalis.

Letakkan di loyang yang sudah dilapisi mentega, biarkan 1 jam agar mengembang. Setelahnya, bentuk adonan menjadi bulat pipih, olesi permukaannya dengan susu cair dan taburi wijen. Panggang dalam oven gas portable dengan suhu 190 derajat hingga 200 derajat Celsius selama 1—15 menit. Setelah dingin, Anda tinggal memberi isian burger ke dalamnya.

 

(Visited 163 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.