3 Tips Tingkatkan Keahlian Membuat Kue Layaknya Pastry Chef

5 Restoran Michelin Star di Indonesia Yang Wajib Dicoba
5 Restoran Michelin Star di Indonesia Wajib Dicoba
September 24, 2017
6 Manfaat Bunga Telang Untuk Kesehatan
6 Manfaat Bunga Telang Untuk Kesehatan
September 29, 2017
Show all
3 Tips Tingkatkan Keahlian Membuat Kue Layaknya Pastry Chef

3 Tips Tingkatkan Keahlian Membuat Kue Layaknya Pastry Chef

Siapa yang tak suka kue? Makanan yang sering dijadikan cemilan ataupun hidangan penutup. Jenisnya pun bermacam-macam. Mulai dari yang dibuat dengan buah segar, es krim, pudding, hingga cupcake. Kue hanyalah salah satu kreasi yang dihadirkan oleh para chef profesional yang berkecimpung di bidang pastry atau biasa disebut pastry chef. Mereka yang terjun ke cabang ilmu ini juga harus menguasai berbagai keahlian membuat kue, dari yang paling dasar seperti membuat roti tawar, mencairkan karamel, hingga membuat glazing di atas kreasi mereka.

Karena itu, tak heran kalau pastry sering disebut sebagai cabang ilmu tersulit di bidang kuliner. Selain banyaknya teknik yang harus dikuasai, para pastry chef juga harus bisa menakar adonan dengan tepat dan terus mengasah keterampilan mereka menggunakan berbagai alat berbeda. Untuk itu, ini 3 tips yang bisa Anda coba untuk tingkatkan keahlian membuat kue layaknya pastry chef.

Tingkatkan Keahlian Membuat Kue Dengan Rajin Mencoba Resep

Rajin Mencoba Resep Kue

Rajin Mencoba Resep Kue (Image source : unsplash.com)

Anna Olson, seorang pastry chef terkenal yang sudah malang melintang di dunia kuliner selama lebih dari 15 tahun, menegaskan hal ini. Seperti ditulis Detik, Anna bahkan mengaku bahwa ketika ia mencoba resep baru, eksperimen pertamanya pasti gagal. Ini adalah hal yang wajar. Menurut Anna, untuk satu resep saja kita bisa membutuhkan 3-7 kali percobaan sebelum benar-benar sukses.

Menurutnya, ada dua hal yang paling sulit bagi seorang pastry chef ketika membuat resep yang baru. Yang pertama adalah memastikan jumlah bahan yang harus dipakai. Yang kedua adalah menentukan waktu yang dibutuhkan adonan untuk mengembang, serta waktu untuk memanggangnya di dalam oven.

Apalagi kalau kita mengingat bahwa setiap oven memiliki “karakter” sendiri. Inilah yang membuat resep yang sama bisa menghasilkan tekstur atau rasa kue yang berbeda ketika dimasak menggunakan alat-alat berbeda.

Tingkatkan Keahlian Membuat Kue Dengan Mengenali Alat Membuat Kue Anda

Kenali Peralatan Membuat Kue Anda

Kenali Peralatan Membuat Kue Anda (Image source : unsplash.com)

Seperti disebutkan tadi, ketika kita mencoba membuat kue atau baking, ada banyak hal yang mempengaruhi hasil akhirnya. Salah satunya adalah pemilihan peralatan membuat kue tepat. Ada banyak sekali jenis alat baking saat ini, mulai dari alat sederhana seperti oven gas hingga alat-alat canggih seperti timbangan digital. Ada baiknya Anda sering mencoba berbagai peralatan membuat kue untuk mencari peralatan yang paling cocok. Misalkan di Jakarta, ada 5 tempat membeli peralatan membuat kue yang wajib Anda ketahui

Tingkatkan Keahlian Membuat Kue Dengan Mengetahui Sifat Bahan

Ketahui Sifat Bahan Membuat Kue

Ketahui Sifat Bahan Membuat Kue (Image source : unsplash.com)

Ucu Sawitri, pastry chef yang kerap muncul di acara masaknya sendiri di televisi, juga menjelaskan beberapa syarat yang harus dimiliki mereka yang ingin meningkatkan keahlian membuat kue.

Yang pertama, ia harus mengetahui persis sifat bahan yang dipakai. “Misalnya mentega, mentega itu saja banyak jenisnya. Ia harus tahu kelebihan masing-masing jenis hingga bisa menciptakan kreasi resep yang pas,” ujar Ucu seperti ditulis Kompas.com.

Ada beberapa bahan dasar di bidang pastry yang bisa dibilang “wajib ada” yaitu tepung, telur, dan mentega. Karena itu, pastry chef harus kreatif dan terus menantang diri sendiri supaya bisa menciptakan resep-resep baru. Jika tidak, ia tak akan bisa berkembang.

Itulah 3 tips untuk meningkatkan keahlian membuat kue Anda layaknya pastry chefBagaimana, apakah Anda siap untuk mempraktekkannya?

(Visited 399 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.