6 Manfaat Bunga Telang Untuk Kesehatan

3 Tips Tingkatkan Keahlian Membuat Kue Layaknya Pastry Chef
3 Tips Tingkatkan Keahlian Membuat Kue Layaknya Pastry Chef
September 25, 2017
3 Jenis Izin Usaha Makanan
Yuk Ketahui 3 Jenis Izin Usaha Makanan Ini dan Cara Pengajuannya
September 29, 2017
Show all
6 Manfaat Bunga Telang Untuk Kesehatan

6 Manfaat Bunga Telang Untuk Kesehatan

Apa Anda tahu, bila air bunga telang biru yang dipanaskan di atas kompor gas diberi tetesan perasan jeruk nipis, maka warnanya akan berubah menjadi ungu? Ya, bunga telang atau Clitoria ternatea yang lebih banyak dikenal sebagai bunga hias ini diam-diam menyimpan banyak kejutan. Selain juga bisa digunakan untuk pewarna makanan dan minuman alami, ternyata manfaat bunga telang juga bisa untuk kesehatan tubuh Anda, lho. Supaya tak makin penasaran, yuk kita lihat ragam khasiatnya.

  1. Manfaat Bunga Telang Untuk Detoksifikasi

Bunga Telang Membantu Detoksifikasi

Bunga Telang Membantu Detoksifikasi

Untuk membantu tubuh menghilangkan racun dalam sistem pencernaan, Anda bisa minum teh herbal yang terbuat bunga telang. Cukup masak segelas air hingga mendidih di atas kompor gas, lalu seduhkan ke dalam gelas yang berisi 3 kuntum bunga. Setelah didiamkan selama 10 menit, teh bisa langsung diminum atau ditambahkan madu dan lemon agar rasanya lebih enak.

Bila kurang suka diminum begitu saja, cara di atas bisa Anda gunakan untuk mewarnai kuah sup seafood, supaya nuansa laut jadi semakin terasa.

  1. Manfaat Bunga Telang Untuk Mencegah Penuaan Dini

Bunga Telang Membantu Mencegah Penuaan Dini

Bunga Telang Membantu Mencegah Penuaan Dini

Sebuah studi yang dipublikasikan oleh National Center for Biotechnology Information menyatakan bahwa buah telang kaya akan antioksidan alami untuk memerangi radikal bebas. Ini artinya kulit Anda jadi tidak gampang keriput dan rusak akibat paparan sinar ultraviolet, polusi, ataupun nikotin.

Untuk mendapatkan manfaat bunga telang, tuangkan air yang akan digunakan untuk menanak nasi ke dalam panci terpisah. Tambahkan beberapa kuntum bunga, kemudian rebus hingga mendidih di atas kompor gas. Keluarkan bunga sebelum air dimasukkan kembali ke dalam rice cooker. Voila, kini Anda bisa menikmati nasi cantik berwarna biru yang bikin awet muda

  1. Menguatkan Rambut

Bunga Telang Membantu Menguatkan Rambut

Bunga Telang Membantu Menguatkan Rambut

Kesal karena rambut sering rontok? Bunga telang punya kandungan antosianin, yang sudah berabad lamanya digunakan untuk mengatasi masalah rambut seperti rontok atau uban prematur. Antosianin melancarkan sirkulasi darah di kulit kepala, menutrisi dan memperkuat folikel rambut, sehingga rambut tubuh lebih cepat dan lebih kuat.

Sesekali warnai chiffon cake dengan air perasan bunga telang sebagai ganti pasta pewarna makanan, lalu panggang adonan di oven aluminium atau oven gas portable seperti biasa. Hasilnya dijamin cute banget!

  1. Meredakan Nyeri

International Research Journal of Pharmacy pernah merilis sebuah studi yang menunjukkan kalau bunga berwarna biru cerah ini bisa meredakan nyeri (analgesik) serta bersifat anti radang (anti inflamasi). Selain bisa meredakan sakit gigi atau sakit kepala, juga berguna untuk Anda yang punya penyakit bronkhitis atau sinusitis.

  1. Merawat Mata

Bunga Telang Membantu Merawat Mata

Bunga Telang Membantu Merawat Mata

Sejak berabad lalu, bunga telang sebenarnya sudah digunakan untuk mengobati penyakit mata, dan dipercaya bisa membantu penglihatan menjadi lebih cerah. Kalau ingin mencoba, Anda bisa gunakan air rendaman bunga untuk mencuci mata saat sedang sakit ataupun sehat.

Jangan lupa, sisakan sedikit untuk menanak nasi, supaya Anda juga bisa membuat onigiri berwarna biru yang terlihat menggemaskan. Gunakan bantuan alat rumah tangga untuk membuat bentuk onigiri yang sempurna, ya.

  1. Memerangi Depresi

Bunga Telang Membantu Memerangi Depresi

Bunga Telang Membantu Memerangi Depresi

Berdasarkan penelitian ilmiah, bunga yang juga dikenal dengan nama butterfly pea ini ternyata bersifat anti kecemasan (ansiolitik) dan anti depresi. Bila dikonsumsi secara rutin dalam dosis yang tepat, bisa membantu mengurangi kadar stress dan kecenderungan depresi.

Supaya lebih happy, masukkan sesendok konsentrat bunga telang ke dalam gelas berisi soda, tambahkan sirup jagung atau gula cair, potongan lemon, serta daun mint yang sudah dihancurkan. Segelas virgin mojito yang menyegarkan siap untuk Anda nikmati!

Wah, sepertinya Anda harus mulai menanam bunga telang di rumah, supaya bisa mendapatkan manfaat bunga telang. Punya ide seru lain untuk menggunakan bunga telang?

(Visited 546 times, 2 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.