Ini Dia 7 Fakta Caviar Yang Pasti Bikin Takjub

Restoran Yang Mempekarjakan Robot Sebagai Pelayan
5 Restoran Yang Mempekerjakan Robot Sebagai Pelayan
November 12, 2017
7 Makanan dan Minuman Mewah Yang Mengandung Emas
November 12, 2017
Show all
Fakta Caviar Yang Tidak Anda Ketahui

Image source : trooxy.com

Sama seperti sampanye, truffle, dan foie gras, kaviar adalah makanan lezat yang tidak hanya bisa makan, tapi juga merupakan barang mewah yang dipandang sebagai simbol kekayaan. Bahkan, caviar segar merupakan salah satu makanan mewah yang paling mahal dan dicari di dunia. Tapi apa yang sebenarnya membuat telur ikan ini begitu berharga? Berikut ini 7 fakta caviar yang mungkin tidak Anda ketahui:

  1. Fakta Caviar – Diambil Dari Ikan Jenis Sturgeon

Caviar Dihasilkan Oleh Jenis Ikan Sturgeon

Image source : vancouversportfishingcenter.com

Ikan sturgeon, hewan prasejarah berusia 300 juta tahun yang bertahan sejak zaman dinosaurus, adalah penghasil telur caviar. Spesies yang paling besar adalah sturgeon Beluga (Huso Huso) yang bisa tumbuh hingga mencapai panjang dua puluh kaki, berumur lebih dari 100 tahun, dan memiliki berat lebih dari dua ton. Selain itu, ada juga sturgeon Siberia (Acipenser Baerii) yang menghasilkan caviar bernama Baerial. Ikan sturgeon Siberia beratnya bisa mencapai 200 kg dan membutuhkan waktu antara empat hingga enam tahun untuk menghasilkan telur caviar.

  1. Fakta Caviar – Hidangan Mewah Zaman Romawi

Sebelum truffle dianggap sebagai makanan mewah, kaviar sudah lebih dulu menjadi makanan khusus para raja dan aristokrasi zaman romawi. Orang Yunani kuno, Persia dan Rusia pada zaman tersebut rela mengeluarkan uang lebih untuk mengkonsumsi caviar. Namun, konsumsi caviar dimulai dari kebiasaan orang Persia yang percaya bahwa telur ikan sturgeon bisa meningkatkan kekuatan fisik dan daya tahan tubuh. Keyakinan ini, tidak diragukan lagi, memicu minat dan daya tarik untuk mencicipi caviar. Sejarah menunjukkan bahwa pada abad ke-4 Masehi, menu telur ikan sturgeon kerap kali disajikan pada pesta-pesaa mewah.

  1. Fakta Caviar – Mahal Karena Ikan Sturgeon Sangat Langka

Sama seperti truffle putih, telur ikan sturgeon atau kaviar adalah salah satu bahan makanan paling mahal di dunia. Semakin tua usia ikan sturgeon, semakin mahal harga kaviar yang dihasilkannya. Caviar beluga yang dihasilkan dari ikan sturgeon beluga asal Kaspia mampu mencapai usia 18 hingga 20 tahun. Tak heran jika harga caviar sangat mahal dan ketersediaannya di dunia menjadi sangat langka. Akan tetapi, harga caviar terus menurun dalam beberapa tahun terakhir karena kemajuan dalam budidaya ikan sturgeon. Budidaya tersebut memungkinkan pemilik industri caviar untuk mendapatkan ikan sturgeon secara ternak, bukan hasil buruan dari alam bebas.

  1. Fakta Caviar – Gold Laced Caviar Adalah Yang Termahal

Reputasi caviar sebagai salah satu hidangan paling mahal di dunia memang tidak terkalahkan. Gold Laced Caviar, caviar paling mahal yang ada di pasaran saat ini dijual seharga $ 113.630 per kilogram. Caviar tersebut berasal dari ikan sturgeon yang berusia lebih dari seratus tahun. Pakar kaviar mengatakan bahwa semakin tua usia ikan sturgeon maka tekstur kaviar akan semakin empuk dan harganya semakin mahal. Meskipunckaviar umumnya berwarna hitam, tetapi gold laced caviar memiliki warna emas.

Caviar Termahal Adalah Gold Laced Caviar

Image source : sasaniankaviar.com

  1. Fakta Caviar – Sangat Mudah Untuk Membedakan Kualitas Caviar

Kualitas caviar bisa Anda perhatikan beradasarkan spesies, warna, rasa, tekstur dan bahkan suara. Caviar berkualitas memiliki warna mulai dari kuning keemasan sampai abu-abu gelap, coklat atau hitam. Telur caviar jangan sampai menjadi lembek atau memiliki aroma amis. Meskipun mudah pecah, tetapi penyajiannya tidak boleh pecah sebelum mencapai lidah Anda. Caviar harus pecah di dalam lidah dan bisa menghasilkan rasa yang manis, seperti mentega dan nutty. Selain itu, percaya atau tidak, caviar berkualitas akan menghasilkan suara mendengkur apabila digesekan satu sama lain.

  1. Fakta Caviar – Merupakan Obat Depresi

Caviar adalah bahan makanan bergizi yang bisa digunakan sebagai obat depresi. Kaya akan kalsium, fosfor, protein, selenium, zat besi, magnesium, vitamin A, C, D, B6, B12 dan B2. Kaviar juga mengandung asam amino esensial seperti lisin, isoleusin, metionin, argin dan histidin. Menurut data gizi, satu sendok makan Caviar mengandung satu gram asam lemak omega-3 yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung.

Caviar Dipercaya Bisa Menjadi Obat Depresi

Image source : littleferrarokitchen.com

  1. Fakta Caviar – Ikan Sturgeon Tidak Harus Dibunuh Untuk Diambil Caviar-nya

Untuk mendapatkan kaviar, bagian perut ikan sturgeon akan disobek sehingga menyebabkan ikan mati. Hal tersebut mengakibatkan beberapa dari 26 spesies sturgeon terancam punah. Namun California Caviar Company telah bermitra dengan Angela Köhler, salah satu ahli biologi kelautan terkemuka di Eropa, untuk mengembangkan Vivace, Caviar pertama di dunia yang dipanen menggunakan metode ekstraksi telur tanpa membunuh ikan sturgeon. Caranya yaitu dengan memijat secara khusus bagain perut ikan sturgeon betina dewasa hingga semua telurnya keluar

  1. Fakta Caviar – Tidak Dimasak, Melainkan Disajikan Secara Mentah

Sekarang ini banyak restoran kelas atas yang menyajikan menu-menu berbahan caviar. Tentu saja karena menggunakan telur ikan langka maka harga satu porsi menu tersebut sangat mahal. Namun pada penyajiannya, caviar tidak dimasak diatas kompor gas atau dipanggang menggunakan microwave. Sebaliknya caviar disajikan secara mentah atau fresh. Caviar juga hanya ditaburkan saja di atas makanan dengan jumlah yang tidak telalu banyak.

 

(Visited 2.032 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.