Ini Dia 5 Cara Alami Atasi Sakit Tenggorokan Yang Mengganggu

Resep Olahan Tahu Untuk Vegetarian
Ini Dia 3 Resep Olahan Tahu untuk Anda Yang Vegetarian
November 1, 2017
5 Cara Melihat Kualitas Telur
Ingin Tahu Cara Melihat Kualitas Telur? Ikuti 5 Langkah Ampuh Ini
November 1, 2017
Show all
Sakit tenggorokan yang mengganggu

Sakit tenggorokan yang mengganggu (Image source : doctoroz.com)

Merasa susah menelan atau seperti ada yang mengganjal di tenggorokan memang sangat tidak nyaman. Belum lagi rasa sakit di tenggorokan yang sangat mengganggu. Sakit tenggorokan mengacu pada rasa sakit, gatal, atau iritasi pada tenggorokan. Rasa sakit tenggorokan adalah gejala utama sakit tenggorokan. Mungkin akan semakin parah saat Anda mencoba menelan, dan Anda mungkin mengalami kesulitan menelan makanan dan cairan. Meski sakit tenggorokan bukan penyakit serius yang mengharuskan ke dokter, tapi sakit tenggorokan bisa saja mengganggu tidur nyenyak Anda. Untungnya, ada cara alami atasi sakit tenggorokan menggunakan bahan alami yang bisa ditemukan di rumah Anda. Berikut 5 di antaranya!

  1. Madu – Cara Alami Atasi Sakit Tenggorokan Paling Disukai

Madu adalah cara alami atasi sakit tenggorokan

Cara alami atasi sakit tenggorokan dengan madu (Image source : well-beingsecrets.com)

Madu dicampur dalam teh diminum begitu saja adalah obat rumah tangga yang umum untuk sakit tenggorokan. Sebuah studi menemukan bahwa madu bahkan lebih efektif dalam meredakan batuk malam hari daripada obat batuk biasa. Penelitian lain menunjukkan bahwa madu adalah penyembuh luka yang efektif, yang berarti dapat membantu mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan.

  1. Air Garam

Garam adalah cara alami atasi sakit tenggorokan

Garam adalah cara alami atasi sakit tenggorokan (Image source : thehealthsite.com)

Berkumur dengan air garam hangat bisa membantu menenangkan sakit tenggorokan dan memecah sekresi. Ini juga bisa membantu membunuh bakteri di tenggorokan. Buat larutan air asin dengan setengah sendok teh garam dalam segelas penuh air hangat yang sudah dipanaskan di atas kompor gas atau kompor alumunium di dapur Anda. Berkumurlah untuk membantu mengurangi pembengkakan dan menjaga agar tenggorokan tetap bersih. Ini harus Anda lakukan setiap tiga jam sekali atau lebih.

  1. Teh Bunga Matahari

Teh bunga matahari cara alami atasi sakit tenggorokan

Cara alami atasi sakit tenggorokan dengan teh bunga matahari  (Image source : stackpathdns.com)

Teh bunga matahari atau teh chamomile secara alami memiliki efek menenangkan. Teh ini sudah lama digunakan untuk tujuan pengobatan, seperti menenangkan sakit tenggorokan, anti-inflamasi, antioksidan, dan lain sebagainya.

Beberapa ulasan penelitian menunjukkan bahwa menghirup uap chamomile dapat membantu meringankan gejala flu, termasuk sakit tenggorokan. Minum teh chamomile bisa memberi manfaat yang sama. Hal ini juga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk membantu tubuh Anda melawan infeksi yang menyebabkan sakit tenggorokan Anda.

  1. Peppermint

Peppermint adalah cara alami atasi sakit tenggorokan

Peppermint adalah cara alami atasi sakit tenggorokan (Image source : squarespace.com)

Peppermint dikenal karena kemampuannya untuk menyegarkan nafas. Semprotan minyak peppermint di tenggorokan juga bisa meringankan sakit tenggorokan. Peppermint mengandung mentol, yang membantu lendir tipis dan radang tenggorokan dan batuk yang menenangkan. Khasiatnya peppermint juga termasuk anti-inflamasi, antibakteri, dan antivirus, yang dapat mempercepat proses penyembuhan.

Jangan sekali-kali menggunakan minyak esensial tanpa mencampurnya dengan minyak lain seperti minyak zaitun, minyak almond manis, atau minyak kelapa yang melunak. Untuk minyak peppermint, campurkan lima tetes minyak esensial dengan satu ons minyak pencampur pilihan Anda. Jangan pernah menelan minyak esensial begitu saja.

  1. Bawang Putih

Bawang putih adalah cara alami atasi sakit tenggorokan

Cara alami atasi sakit tenggorokan dengan bawang putih (Image source : kompas.com)

Bawang putih juga memiliki sifat antibakteri alami. Salah satu bumbu dapur ini mengandung allicin, senyawa organosulfer yang dikenal dengan kemampuannya untuk melawan infeksi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi suplemen bawang putih secara teratur dapat membantu mencegah virus flu biasa. Menambahkan bawang putih segar ke makanan Anda juga merupakan cara untuk mendapatkan khasiat antimikrobanya. Nenek Anda mungkin pernah  menyuruh mengisap sesiung bawang putih untuk menenangkan sakit tenggorokan.

Karena bawang putih memiliki banyak manfaat untuk penyembuhan, Anda bisa mencobanya karena bawang putih pasti selalu ada di dapur. Meskipun setelahnya Anda harus menyikat gigi untuk melindungi gigi Anda dan menghilangkan baunya yang tajam.

(Visited 50 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.