15 Alat Masak Dasar Yang Wajib Dimiliki Pengantin Baru!

Yuk Kenalan Dengan 5 Chef Wanita Yang Sukses Menggebrak Dunia Kuliner
Yuk, Kenalan Dengan 5 Chef Wanita Yang Sukses Menggebrak Dunia Kuliner
Oktober 1, 2017
7 Buku Resep Yang Terinspirasi Dari Film
Ini Dia 7 Buku Resep Yang Terinspirasi Dari Berbagai Film Populer
Oktober 1, 2017
Show all
Pengantin Baru Wajib Punya 15 Alat Masak Dasar Ini

Image source: shopcourts.com

Tinggal jauh dari rumah sebagai anak kost atau pengantin baru, bisa menjadi waktu yang tepat untuk belajar mandiri. Salah satunya adalah dengan mulai mengakrabkan diri dengan alat rumah tangga seperti kompor gas. Supaya tak kerepotan saat mulai memasak sendiri, lengkapi dulu dapur kecil Anda dengan alat masak dasar seperti berikut:

  1. Pisau – Alat Masak Dasar Wajib

Alat Masak Dasar - Pisau

Image source: stock.tookapic.com

Dapur Anda belum lengkap tanpa kehadiran alat masak dasar yang satu ini, karena fungsinya yang tak bisa tergantikan. Bagi pemula, sebuah pisau berukuran sedang dengan ketajaman yang baik sudah cukup untuk membantu mengiris sayuran atau memotong ayam dan daging, sebelum dimasak di atas kompor gas atau dipanggang dalam oven aluminium.

  1. Talenan

Alat Masak Dasar - Talenan

Image source: livestrong.com

Ada pisau tentu harus ada talenan untuk alasnya, dong. Diantara semua pilihan bahan talenan seperti plastik, yang paling tahan lama dan tak beresiko menyimpan bakteri adalah talenan kayu. Alat rumah tangga ini belakangan juga terlihat lebih trendi dengan variasi bentuk yang menarik, tapi jangan lupa selalu cuci bersih alat masak dasar ini dengan sabun setelah dipakai, ya.

  1. Pengupas Kentang

Alat Masak Dasar - Pengupas Kentang

Image source: Ikea.com

Si mungil ini bisa menghemat waktu dan tenaga Anda untuk mengupas wortel, kentang, apel, atau buah-buahan sebelum diiris atau disantap. Jangan lupa, cuci terlebih dahulu pengupas dan semua bahan di atas bak cuci piring, agar higienis dan aman untuk dikonsumsi. Supaya pengupas Anda tak cepat karatan, pilihlah yang terbuat dari bahan stainless steel dan selalu keringkan setelah dicuci.

  1. Sendok Pengukur

Alat Masak Dasar - Sendok Pengukur

Photo source: mlkanhy

Namanya juga pemula, wajar kalau masih sering mengintip resep kan? Nah, supaya hasilnya akurat dan rasanya sesuai dengan yang dibayangkan, Anda perlu set sendok pengukur yang bisa menakar bahan dengan praktis dan akurat. Anda juga bisa melengkapi alat masak dasar ini dengan gelas pengukur cairan. Supaya sup yang dimasak di atas kompor gas atau adonan kue yang akan dipanggang di dalam oven aluminium rasanya pas.

  1. Mangkuk Serbaguna

Alat Masak Dasar - Mangkuk Serbaguna

Image source: backroadkitchen.com

Alat rumah tangga ini bisa Anda gunakan untuk banyak hal. Seperti, membuat adonan kue, mencampur irisan buah, meniriskan sayuran setelah dicuci di bak cuci piring, atau merendam ayam dan daging. Akan lebih baik kalau Anda punya mangkuk serbaguna yang terbuat dari bahan plastik tebal dan memiliki tutup, agar bisa dijadikan tempat penyimpanan yang tinggal dimasukkan ke dalam kulkas.

  1. Panci

Alat Masak Dasar - Panci

Image source: naturallyintense.net

Alat masak dasar ini punya banyak sekali kegunaan, seperti membuat sup, kaldu, merebus mie, membuat saus, atau memasak bubur di atas kompor gas HOCK. Supaya fungsinya bertambah, Anda bisa membeli panci dengan tambahan nampan kukusan dan berbahan tebal, agar awet sekaligus bisa dijadikan sebagai pengganti deep fryer dalam keadaan darurat.

7. Wajan

Alat Masak Dasar - Wajan

Image source: magazin.kaufland.de

Sudah siap beraksi di balik kompor gas? Wajan alias penggorengan akan jadi senjata utama Anda untuk menciptakan aneka sajian lezat untuk keluarga. Untuk pemula, Anda wajib punya wajan cekung berukuran sedang yang bisa digunakan untuk memasak nasi goreng, menggoreng ikan, atau membuat ayam bumbu ungkep.

Supaya tak repot mencuci sisa makanan yang menempel di dasar wajan setelah menggoreng di atas kompor gas atau kompor minyak, sebaiknya pilih wajan anti lengket berkualitas baik, ya.

  1. Saringan
Alat Masak Dasar - Saringans

Image source: Alibaba.com

Meski terlihat sepele, kegiatan memasak Anda akan terhambat tanpa kehadiran alat masak dasar yang satu ini. Supaya bisa digunakan untuk meniriskan mie sekaligus mencuci sayuran di atas bak cuci piring, beli saringan berbahan metal dengan ukuran sedang.

  1. Spatula

Alat Masak Dasar - Spatula

Image source: walmartimages.com

Tak mungkin kan, mengaduk tumis sayuran di wajan dengan sendok makan biasa? Karena itulah, Anda perlu bantuan spatula alias sodet untuk mengaduk, menggoreng, membalik, atau mengangkat makanan yang sedang diolah di atas kompor gas. Selain spatula plastik, Anda juga perlu spatula kayu untuk mengaduk adonan kue, spaghetti, salad, atau saus.

  1. Parutan

Alat Masak Dasar - Parutan

Image source: gadgetflowcdn.com

Saat sedang malas mengiris bawang putih, lebih baik diparut saja biar cepat. Parutan juga penting kalau Anda senang makan dengan taburan keju di atas masakan, atau ingin membuat hidangan sayur memiliki tekstur yang lebih halus. Sebenarnya alat masak dasar ini memiliki besar lubang yang bervariasi. Pilih sesuai dengan kebutuhan, tapi supaya tak repot, pilih saja parutan dengan lubang besar dan lubang kecil sekaligus.

  1. Capitan

Alat Masak Dasar - Capitan

image source: food52.com

Banyak pemula yang takut menggoreng ayam atau ikan, karena takut terkena cipratan minyak panas bila berdiri terlalu dekat dengan kompor gas. Nah, Anda perlu bantuan tongs atau capitan yang panjang, supaya bisa membalikkan makanan tanpa khawatir.

Capitan juga nantinya bisa Anda gunakan untuk mengaduk spageti, salad atau  mengangkat sayuran dari air mendidih. Jadi, pilih yang bagian pinggir ujungnya bergelombang atau terbuat dari karet agar bisa menjepit dengan lebih kuat, ya.

  1. Blender

Alat Masak Dasar - Blender

Image source: videoblocks.com

Mau tahu kenapa blender jadi alat masak dasar yang wajib ada di dapur Anda? Karena blender tak hanya berfungsi untuk membuat jus atau smoothies, tapi juga bisa menghaluskan bumbu, sambal, atau makanan lain. Sebaiknya beli set blender yang dilengkapi dengan 2 atau 3 gelas berbeda ukuran, agar residu dari berbagai jenis makanan berbeda tidak bercampur.

  1. Mixer Tangan

Alat Masak Dasar - Mixer

Image source: walmartimages.com

Setelah terbiasa dikelilingi kompor gas atau oven gas portable, cepat atau lambat Anda juga pasti ingin mencoba membuat kue sendiri. Apalagi kalau membuat kue tak seribet yang Anda yang bayangkan, pasti Anda akan semakin sering menggunakan mixer untuk bereksperimen. Untuk membiasakan diri, Anda bisa mulai dengan membuat resep kue sederhana seperti brownies atau kue bolu.

  1. Oven Aluminium

Alat Masak Dasar - Oven Aluminium HOCK

Makanan jangan hanya diolah dengan cara digoreng, sesekali direndam dalam bumbu lalu dipanggang dalam oven aluminium  atau oven gas portable HOCK juga sama lezatnya, lho.

Untuk pemula, sebaiknya pilih ukuran oven yang tidak terlalu besar dan cara penggunaannya sederhana. Jangan lupa, selalu perhatikan serta sesuaikan api kompor gas sesuai kebutuhan, agar kue dan makanan bisa matang sempurna dan tak gosong.

  1. Panggangan/Bakaran

Alat Masak Dasar - Panggangan

Image source: kadkoop.com

Jangankan membuat sate ayam, makan malam romantis dengan menu barbecue ala Korea pun bisa Anda lakukan. Cukup persiapkan bakaran portable yang bisa diletakkan di atas kompor gas. Dengan alat masak dasar ini Anda jadi tak harus repot memanaskan arang atau mengipas, sehingga ikan, ayam, atau daging bisa matang lebih cepat.

Supaya tak repot membersihkan sisa lemak yang menempel, pilih panggangan berbahan anti-lengket yang dilengkapi dengan wadah penampung di bawahnya. Pastikan juga dapur sudah dilengkapi ventilator atap HOCK agar asap bisa mengalir keluar dan udara dalam ruangan tetap segar.

Jangan pelit mengeluarkan uang untuk melengkapi alat masak dasar. Meski yang berkualitas baik harganya sedikit mahal tapi dijamin akan lebih awet dan tahan lama. Yuk, semangat melengkapi dapur kecil Anda.

(Visited 142 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.