Lagi Belajar Memasak? Yuk Kuasai 10 Masakan Dasar Ini

7 Buku Resep Yang Terinspirasi Dari Film
Ini Dia 7 Buku Resep Yang Terinspirasi Dari Berbagai Film Populer
Oktober 1, 2017
20 Tips Keamanan Dapur Yang Harus Diperhatikan Saat Memasak
20 Tips Keamanan Dapur Yang Harus Diperhatikan Saat Memasak
Oktober 1, 2017
Show all
10 Jenis Masakan Dasar Yang Harus Dikuasai Pemula

10 Jenis Masakan Dasar Yang Harus Dikuasai Pemula

Jangan tunda niat Anda untuk mulai belajar memasak dengan kompor gas di rumah. Selain lebih ringan di kantong, kualitas kesehatan Anda dan keluarga juga akan ikut meningkat seiring dengan pola makan yang lebih sehat dan variatif. Tak perlu khawatir dulu dengan keribetan di dapur, 10 jenis masakan dasar ini bisa Anda buat dengan alat rumah tangga sederhana yang ada di rumah. Yuk, nyalakan kompor gas dan mantapkan niat untuk memulai petualangan memasak Anda.

  1. Nasi Goreng – Salah Satu Jenis Masakan Dasar 

Nasi Goreng Jenis Masakan Dasar Yang Harus Dikuasai Pemula

Image source: hellofresh.com.au

Sebagai makanan yang praktis, mengenyangkan, dan bisa dikreasikan sesuai selera, nasi goreng jadi jenis masakan dasar pertama yang wajib Anda kuasai. Anda bisa saja menggunakan bumbu nasi goreng kemasan yang ada di swalayan, tapi untuk melatih rasa sekaligus membiasakan diri, lebih baik racik bumbu sendiri dari perpaduan bawang putih, bawang merah, cabe merah, cabe rawit, dan variasi bumbu lain.

Bila bumbu sudah siap, perhatikan juga tips memasak nasi goreng berikut:

  • Gunakan nasi putih bertekstur pera, tidak lembek, dan tidak menempel.
  • Gunakan api besar saat memasak di atas kompor gas atau kompor minyak.
  • Tambahkan saus tiram atau minyak wijen untuk membuat nasi goreng dengan citarasa oriental. Beri sedikit taburan oregano untuk nasi goreng bercitarasa Italia.
  • Tambahkan sayuran seperti sawi, kol, brokoli, atau kacang polong untuk menambah serat.
  1. Bubur Ayam

Jenis Masakan Dasar - Bubur Ayam

Image source: chowhound.com

Bubur ayam tak hanya enak disantap untuk sarapan, tapi juga bisa jadi penyelamat saat kondisi tubuh Anda sedang tidak fit dan sulit untuk makan. Meski biasanya dibuat langsung dari beras, bubur juga bisa jadi alternatif Anda untuk memanfaatkan nasi sisa kemarin yang sayang untuk dibuang. Agar bubur terasa lembut dan enak disantap, ikuti tips berikut:

  • Bila menggunakan beras, cuci dulu hingga bersih di bak cuci piring.
  • Masak bubur dengan api kecil di atas kompor gas atau kompor alumnium agar air tidak mudah menyusut.
  • Ganti air dengan kaldu atau santan agar lebih kaya rasa dan nutrisi.
  • Coba topping bubur kreatif seperti sambal roa, rendang, atau sambal matah.
  1. Kimbap

Jenis Masakan Dasar - Kimbap

Image source: thespruce.com

Anda yang rajin menonton drama Korea pasti sudah tak asing dengan makanan ini, kan? Meski bukan sajian asli Indonesia, kimbap layak untuk menjadi jenis masakan dasar yang harus dikuasai. Selain mudah dibuat dan praktis untuk dijadikan bekal, isi kimbap juga bisa disesuaikan dengan persediaan bahan apapun yang tersedia di rumah. Nah, berikut adalah tips untuk membuat kimbap:

  • Untuk menggulung, gunakan bantuan alat rumah tangga berupa alas bambu.
  • Sebelum memotong kimbap, basahi pisau dengan beberapa tetes air agar tidak menempel.
  • Supaya tampil beda, celupkan kimbap ke dalam putih telur lalu goreng dalam minyak panas di atas kompor gas atau kompor minyak.
  1. Tumis Sayuran

Jenis Masakan Dasar - Tumis Sayuran

Image source: kewpie.co.id

Untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi tubuh, Anda harus menguasai jenis masakan dasar yang satu ini. Bumbu yang digunakan untuk membuat tumis sayuran sederhana adalah irisan bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay. Tapi, bisa juga ditambahkan cabe rawit atau tomat bila suka. Agar tumis terlihat lebih menarik dan berwarna, gunakan kombinasi beberapa sayuran yang berbeda dan lakukan tips berikut:

  • Cuci bersih sayuran di atas bak cuci piring dan potong dengan ukuran yang sama sebelum menyalakan kompor gas atau kompor minyak.
  • Setelah menumis bawang, masukkan sayuran bertekstur keras seperti wortel atau brokoli lebih dulu. Sayuran yang mudah layu seperti sayuran hijau atau toge sebaiknya ditambahkan di akhir.
  1. Omelet

Jenis Masakan Dasar - Omelet

Image source: cookingtheglobe.com

Bosan dengan telur dadar biasa? Jenis masakan dasar ini bisa Anda kreasikan supaya lebih menarik, misalnya dengan menambahkan isian seperti sayuran, sosis, keju. Banyak sekali variasi hidangan yang bisa Anda buat dari resep dasar omelet, seperti nasi goreng berbalut omelet alias omurice ala Jepang atau frittata ala italia yang dipanggang di oven gas portable setelah digoreng di atas kompor gas.

Apapun jenis omelet yang Anda suka, beberapa tips ini pasti akan sangat berguna:

  • Siapkan dulu semua isian sebelum menyalakn kompor gas.
  • Gunakan wajan anti lengket agar tidak menggunakan banyak minyak dan mudah dipindahkan ke piring setelah dimasak di atas kompor gas atau kompor minyak.
  1. Telor Balado

Jenis Masakan Dasar - Balado Telur

Image source: theweekendkitchen.com

Karena lidah orang Indonesia tak bisa lepas dari rasa pedas, Anda wajib menguasai jenis masakan dasar yang juga memiliki perpaduan rasa manis ini. Nah, untuk membuat bumbu balado, cukup haluskan cabe rawit, cabe keriting, bawang merah, dan tomat, dengan bantuan alat rumah tangga seperti blender atau ulekan. Bumbu balado tak hanya bisa digunakan untuk telur, tapi juga bahan lain seperti ayam, seafood, terong, bahkan jengkol.

Ini lho, tips agar balado buatan Anda semakin lezat:

  • Pastikan bumbu sudah ditumis dengan matang di atas kompor gas sebelum memasukkan telur atau bahan lain.
  • Tambahkan beberapa lembar daun jeruk agar rasanya lebih segar.
  1. Sup Ayam

Jenis Masakan Dasar - Sup Ayam

Image source: livestrong.com

Saat sedang ingin makan sesuatu yang hangat dan berkuah, semangkuk sup ayam pasti akan membuat Anda merasa nyaman. Anda boleh percaya atau tidak, tapi satu satunya bumbu yang diperlukan untuk membuat jenis masakan dasar ini hanyalah bawang putih. Lalu, tinggal ditambahkan perasa makanan seperti lada, garam, dan sedikit gula.

  1. Ayam Goreng Bumbu Kuning

Jenis Masakan Dasar - Ayam Goreng Bumbu Ungkep

Image source: plimbi.com

Salah satu menu yang bisa ditemukan di semua daerah di Indonesia, terutama pulau Jawa, adalah jenis masakan dasar yang satu ini. Untuk membuatnya, potongan ayam dimasak dengan api kecil dalam bumbu kuning yang terbuat dari bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, kunyit, serai, salam, dan lengkuas.

Setelah bumbu menyerap dan ayam empuk, baru ayam bisa digoreng di atas kompor gas atau kompor minyak. Selain ayam, Anda juga bisa menggunakan bumbunya untuk tempe, tahu, atau ikan. Supaya praktis, buat dalam jumlah banyak sekaligus untuk disimpan di kulkas.

  1. Brownies

Jenis Masakan Dasar - Brownies

Image source: emilystastyadventures.com

Mendadak ingin cemilan berbau coklat di tengah malam? Anda bisa buat brownies di microwave dengan menggunakan bahan air atau susu, mentega cair atau minyak, dan bubuk coklat. Untuk brownies besar yang dipanggang di oven aluminium biasanya resepnya sedikit berbeda dengan tambahan telur, tapi keduanya tetap bisa disajikan bersama es krim atau krim coklat supaya lebih nikmat.

  1. Churros

Jenis Masakan Dasar - Churros

Image source: Smazymy.com

Saat ada tamu datang dan tak ada persediaan kue di rumah, bikin churros saja! Selama Anda punya persediaan terigu, telur, gula, mentega, dan minyak di rumah, jenis makanan dasar asal Portugis ini bisa Anda buat dalam waktu kurang dari 10 menit. Sebelum membuat churros, coba lihat dulu tips berikut, ya.

  • Bila tak ada piping bag, gunakan dua lapis plastik segi empat sebagai gantinya.
  • Panaskan minyak di atas kompor gas atau kompor biosolar selama beberapa saat sebelum memasukkan adonan churros.
  • Sajikan dengan gula halus, saus coklat, karamel, atau selai buah.

Semua jenis masakan dasar di atas termasuk fleksibel karena mudah dimodifikasi hanya dengan menambahkan bahan atau bumbu yang Anda sukai. Jika bingung dengan istilah memasak yang ada, Anda selalu bisa mencari tahu berbagai istilah memasak disini. Kira-kira menu mana yang akan Anda coba lebih dulu? 

 

(Visited 551 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.