Menghemat Biaya Air Di Rumah Dengan 10 Cara Ampuh Ini

Ini Dia 8 Persiapan Sebelum Bisnis Franchise
Yuk Lakukan 8 Persiapan Sebelum Bisnis Franchise Ini
September 30, 2017
Berburu Kuliner dan Romantisme Di Lereng Anteng Bandung
Berburu Kuliner dan Romantisme di Lereng Anteng Bandung
September 30, 2017
Show all
Ini Dia 10 Cara Menghemat Biaya Air Di Rumah

Ini Dia 10 Cara Menghemat Biaya Air Di Rumah

Sering lalai menutup rapat keran bak cuci piring sampai airnya menetes semalaman, atau terlalu semangat mandi sampai menghabiskan setengah bak air? Wah, sudah waktunya Anda mulai mengajak seluruh anggota keluarga untuk membantu menghemat biaya air di rumah yang terus meningkat. Untuk membiasakan diri menghemat penggunaan air, Anda bisa mulai dengan hal sederhana, seperti:

  1. Menutup Keran Dengan Kencang Untuk Menghemat Biaya Air

Menghemat Air - Menutup Keran Dengan Kencang

Image source: burst.shopify.com

Setelah mencuci alat rumah tangga di bak cuci piring atau mencuci mobil di garasi, pastikan tutup keran dengan kencang hingga tak ada air yang menetes. Segera ganti keran bila mulai tak bisa menutup dengan sempurna, untuk menghemat 6 hingga 45 liter air per menit.

  1. Matikan Keran Saat Menyikat Gigi Untuk Menghemat Biaya Air

Menghemat Air - Matikan Keran Saat Menggosok GigiImage source: netdoctor.cdns.net

Banyak orang yang secara tak sadar terus membuka keran bak cuci piring saat sedang menyabuni cucian kotor atau menyikat gigi di wastafel. Padahal, hanya dengan mematikan keran saat Anda sedang melakukan hal lain, bisa menghemat air hingga 6 liter per menit, lho.

  1. Mandi Dengan Shower Untuk Menghemat Biaya Air

Menghemat Air - Mandi Dengan Shower

Image source: sgplumbingandgas.co.uk

Pernah menghitung berapa banyak air yang Anda gunakan saat mandi? Menurut data dari Indonesia Water and Wastewater Expo and Forum, setiap kali mandi dengan gayung Anda akan menghabiskan air sebanyak 18 liter. Sedangkan bila menggunakan shower, Anda hanya akan menggunakan 12 liter air atau menghemat biaya air di rumah hingga 30%.

  1. Gunakan Toilet Hemat Air Untuk Menghemat Biaya Air

Menghemat Air - Gunakan Toilet Hemat Air

Image source: Triadrebath.com

Meski harganya lebih mahal dibandingkan dengan toilet jongkok atau toilet duduk model lama, berinvestasi untuk memasang toilet dengan teknologi ultra-low volume (ULV) bisa menghemat air hingga 70%, lho.

  1. Rutin Bersihkan Tangki Air

Menghemat Air - Rutin Bersihkan Tangki Air

Image source: meyersfurniture.com

Bila Anda menggunakan tangki air di rumah, pastikan bagian dalam dibersihkan setidaknya satu tahun sekali. Pasiuntuk memastikan tidak ada lumut, bakteri, atau kotoran lain yang beresiko merusak kualitas air serta menyumbat pipa air.

  1. Gunakan Penyiram Tanaman Untuk Halaman

Menghemat Air - Gunakan Penyiram Tanaman

Image source: clydelife.co.uk

Halaman tentu harus disiram secara rutin agar terus terlihat indah dan asri, tapi hindari menggunakan selang untuk menyiram bunga atau membasahi rumput, karena akan menghabiskan hingga 1.000 liter air per jamnya. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan penyiram tanaman berbahan plastik atau kaleng.

Begitu juga halnya dengan mencuci mobil atau motor, Anda bisa menghemat air dalam jumlah cukup banyak bila hanya menggunakan spons dan ember air yang bisa diisi ulang.

  1. Selalu Periksa Pipa dan Meteran Air

Menghemat Air - Selalu Periksa Pipa dan Meteran Air

Image source: Americanairheating.com

Setiap 3 bulan sekali, periksa semua pipa di rumah untuk memastikan tidak ada kebocoran air. Selain pipa di bawah bak cuci piring dan tempat tersembunyi lain, pastikan tidak ada rembesan air yang menjadi tanda adanya kebocoran pipa di dalam dinding.

Untuk Anda yang menggunakan jasa penyedia air, cek meteran setiap akhir minggu untuk memastikan penggunaan air normal. Bila angka meteran naik dengan drastis meski tak ada tambahan penggunaan, segera hubungi ahli ledeng untuk melakukan pemeriksaan.

  1. Gunakan Mesin Cuci Bukaan Depan

Menghemat Air - Gunakan Mesin Cuci Bukaan Depan

Image source: mrsudslaundry.com

Dengan berinvestasi pada mesin cuci bukaan depan, Anda bisa menghemat air untuk mencuci pakaian hingga 50% dibandingkan dengan mesin cuci bukaan atas. Ini karena teknologi pada mesin cuci bukaan depan menggunakan gravitasi untuk menciptakan perputaran tabung. Caranya dengan mengangkat cucian ke bagian atas lalu menjatuhkannya kembali pada air dibawahnya, secara terus menerus.

  1. Gunakan Ulang Air

Menghemat Air - Gunakan Ulang Air

Image source: pets4homes.co.uk

Saat mencuci beras di bak cuci piring, jangan biarkan air mengalir langsung ke pipa pembuangan. Siapkan ember penampung, agar air pencucian nantinya bisa digunakan untuk menyiram bunga atau memandikan binatang peliharaan di halaman. Anda juga bisa menutupi beberapa bagian taman dengan kompos atau jerami agar air tidak mudah menguap dan bisa melembabkan tanaman lebih lama.

  1. Tampung Air Hujan

Menghemat Air - Tampung Air Hujan

Image source : regenerative.com

Badan Meteorologi, Klimatogologi, dan Geofisika mendorong masyarakat Indonesia mulai menampung air hujan untuk berbagai kegiatan non-konsumsi. Sebut saja menyiram tanaman, mencuci kendaraan, atau membersihkan kamar mandi. Apalagi bila Anda tinggal di daerah yang rawan kekeringan saat musim panas, sebaiknya mulai siapkan tangki air, saringan pasir, bak penampung, serta sumur resapan untuk membuat sistem pemanfaatan air hujan (SPAH).

Itulah 10 cara yang bisa langsung Anda lakukan di rumah mulai hari ini untuk menghemat biaya air di rumah. Nah, di antara berbagai langkah menghemat air di atas, mana yang sudah Anda jalankan?

(Visited 168 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.