Sudahkah Anda Membersihkan Wajan Teflon dengan Benar?

Manfaat Cokelat Untuk Kesehatan
Ini Dia 6 Manfaat Cokelat Untuk Kesehatan
Oktober 21, 2017
Tingkat Kematangan Daging Steak
Ini Dia 5 Tingkat Kematangan Daging Steak
Oktober 21, 2017
Show all
Membersihkan Wajan Teflon Dengan Benar

Kompor, bak cuci piring maupun oven aluminium – Anda pasti tidak asing dengan perangkat dapur tersebut, kan? Tapi apakah Anda sudah membersihkannya dengan benar? Wajan Teflon terutama, menjadi salah satu alat masak yang wajib punya dan sering dipakai. Selain anti lengket, ukuran yang beragam juga dapat menyesuaikan kebutuhan. Harganya pun beragam dari yang murah hingga ratusan ribu rupiah. Lalu bagaimana cara yang benar untuk membersihkan wajan teflon agar tahan lama?

  1. Biarkan Wajan Teflon Benar-Benar Dingin Sebelum Dibersihkan

Setelah selesai memasak, Anda pasti ingin cepat-cepat membersihkan semua peralatan yang sudah digunakan termasuk wajan teflon. Sayangnya hal ini tidak disarankan. Khusus untuk bahan Teflon, ada baiknya menunggu hingga wajan tidak panas sebelum membilasnya dengan air kran agar lapisannya tidak cepat terkelupas.

  1. Jangan Memasukkan Wajan Teflon ke Dalam Mesin Pencuci Piring (dishwasher)

Saat ini ada banyak produk wajan anti lengket yang mengusung label ‘dishwasher save’. Artinya wajan tersebut bisa dicuci dengan mesin. Namun ada baiknya jika Anda tidak menggunakan dishwasher karena suhu mesin yang panas malah akan merusak lapisannya. Wajan Teflon didesain untuk tahan panas hingga suhu medium. Apalagi jika dishwasher menggunakan deterjen yang cukup keras, lapisan Teflon akan terkikis dengan cepat.

  1. Menuang Larutan Cuka dan Air

Anda dapat menuangkan sedikit cuka dan air yang direbus sebentar saja untuk menghilangkan minyak-minyak yang menempel di permukaan wajan Teflon. Biarkan selama beberapa menit agar semua sisa minyak terangkat dari permukaan.

  1. Tuang Larutan Baking Soda dan Jeruk Nipis

Cara lain untuk membersihkan noda bandel yang lengket di Teflon Anda adalah dengan menuangkan larutan baking soda dan jeruk nipis. Biarkan larutan menjadi buih hingga beberapa saat lalu bersihkan dengan lap yang sedikit basah sambil digosok-gosok dengan lembut.

  1. Gunakan Ppon atau Nylon

Saat ada sisa-sisa masakan yang lengket di permukaan wajan, jangan menyikat dengan alat yang permukaannya kasar karena bisa menggores permukaan Teflon. Setelah Teflon dingin, siram dengan air kran hingga sisa makanan yang mengering tersebut lepas dengan sendirinya. Baru kemudian dibersihkan. Pilih alat pembersih yang memiliki tekstur lembut seperti spon atau kain nylon. Beri sedikit sabun cuci piring dan mulai menggosok permukaan Teflon hingga bersih.

  1. Keringkan Setelah Membilas

Keringkan wajan Teflon yang telah dicuci dengan tissue atau lap kering. Yang terpenting dari cara-cara membersihkan wajan Teflon adalah penggunaan spon, kain atau alat lain yang memiliki permukaan halus dan lembut agar kualitas lapisan Teflon tetap terjaga.

Trik lain yang dapat Anda gunakan yaitu dengan menggunakan alat masak berbahan Teflon atau kayu agar lapisan tetap aman dan tidak tergores. Apakah Anda punya tips lain untuk membersihkan wajan Teflon? Yuk share disini!

(Visited 136 times, 2 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.