Ini 5 Makanan Khas Papua, Nomor 5 Akan Membuat Anda Kehilangan Nafsu Makan

Ini 7 Makanan Khas Pulau Sumatera Yang Bisa Menggoyang Lidah
November 11, 2017
Makanan Khas Sulawesi
Selain Coto Makassar, Ini 4 Makanan Khas Sulawesi yang Bisa Anda Cicipi
November 12, 2017
Show all
Papeda Makanan Khas Pulau Papua

Image source : wikipedia.com

Papua merupakan salah satu daerah di Indonesia yang terkenal dengan keindahan alam dan pantainya. Selain pemandangan, Papua juga memiliki banyak makanan khasnya yang mungkin masih jarang diketahui orang pada umumnya. Seperti apa saja makanan khas papua? Simak selengkapnya disini.

  1. Kue Lontar – Makanan Khas Papua

Kue Lontar Makanan Khas Papua

Image source : vemale.com

Sekilas kue lontar tidak jauh berbeda dengan kue pie susu. Kue Lontar memiliki cita rasa yang manis dan juga gurih, selain itu kue ini juga menjadi sajian khas saat menyambut hari raya Idul Fitri. Kue Lontar terbuat dari tepung terigu, margarin, vanili, dan susu yang diwariskan turun temurun di Papua sejak zaman kolonial Belanda.

  1. Papeda – Makanan Khas Papua

Selanjutnya ada papeda yang merupakan bubur sagu khas Papua dan sering disajikan dengan menggunakan ikan tongkol yang dibumbui kunyit. Papeda memiliki warna yang putih dan bertekstur lengket seperti lem dan rasanya tawar. Papeda bisa bisa dinikmati dengan kuah kuning, ikan dan sayur ganemo. Sayur ganemo sendiri dibuat dengan menumis daun melinjo dengan bunga pepaya dan cabai merah.

  1. Udang selingkuh – Makanan Khas Papua

Udang Selingkuh Makanan Khas Papua

Image source : rasiaziza.it.student.pens.ac.id

Apa yang ada dibenak kalian ketika mendengar kata Udang Selingkuh? Lucu atau malah aneh? Penamaan udang selingkuh dikarenakan jenis udang ini memiliki capit yang mirip dengan kepiting, sehingga udang dianggap berselingkuh dengan kepiting. Udang selingkuh sangat terkenal di daerah Wamena, Papua Barat. Penyajian udang ini bisa dengan digoreng atau bisa juga direbus.

  1. Martabak Sagu – Makanan Khas Papua

Anda pasti mengenal martabak, sebab jenis makanan ini hampir ada di seluruh kota di Indonesia. Namun ada yang berbeda dengan jenis martabak di daerah Papua Barat ini, sebab martabak dibuat dengan bahan utama sagu.

Cara pembuatannya dilakukan dengan menghaluskan sagu lalu digoreng selama beberapa menit dan selanjutnya diberi gula merah untuk memberi cita rasa manis. Martabak sagu banyak digemari oleh masyarakat sekitar karena rasanya yang manis dan juga gurih.

Penasaran dengan rasanya? Anda bisa langsung menemukan makanan ini di Fak-Fak, sebab martabak sagu mudah paling mudah ditemukan di daerah ini.

  1. Sate Ulat Sagu – Makanan Khas Papua

Sate Ulat Sagu Makanan Khas Papua

Image source : bebasgaya.com

Makanan khas Papua yang terakhir ini sedikit unik dan membutuhkan keberanian yang lebih untuk mengkonsumsinya. Sebab sate yang satu ini bukan berasal dari ayam, daging kambing, ataupun daging sapi. Bahan utama untuk pembuatan jenis sate yang satu ini adalah ulat sagu.

Bahan utama pembuatan sate ulat sagu yaitu ulat diperoleh dari barang pohon sagu tua. Cara membuatnya juga sama seperti sate pada umumnya, yaitu dibakar hingga matang.

Tertarik untuk mencoba ? Itulah keanekaragaman kuliner yang ada di daerah Papua, semoga bisa menambah daftar makanan yang ingin Anda coba.

 

(Visited 119 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.