Yuk Intip Buah Apa Saja yang Cocok Jadi Bahan Sorbet!

Reza Nurhilman Pemilik Keripik Maicih
Ini Kisah Sukses Keripik Maicih yang Pedasnya Fenomenal
Oktober 22, 2017
Makanan Yang Dianggap Sehat Tapi Ternyata Tidak
Ini Dia 6 Makanan Yang Dianggap Sehat, Padahal Tidak!
Oktober 23, 2017
Show all
Bikin Sorbet Dengan Aneka Buah Buahan

Bikin Sorbet Dengan Aneka Buah Buahan (Image source: puurtafelen.nl)

Selain rasanya yang segar, kandungan gizi dari bahan baku buah yang digunakan dalam sorbet membuat sebagian orang lebih suka menyantapnya sebagai makanan penutup. Apalagi orang-orang yang tidak begitu menyukai susu atau tekstur es krim dan gelato yang terlalu creamyProses bikin sorbet juga lebih mudah, tidak perlu repot-repot memanaskan susu di atas kompor gas atau menyangrai kacang hazelnut dengan oven. Cukup cari buah segar dan semangkuk sorbet bisa dibuat dalam waktu cepat.

Tidak semua buah cocok dijadikan sorbet. Buah dengan rasa yang tidak creamy (seperti alpukat atau durian) serta buah yang mengandung banyak air adalah pilihan pas untuk sorbet. Lantas buah apa saja yang sebaiknya kita olah menjadi makanan penutup nan menyegarkan ini?

  1. Strawberry Cocok Untuk Bikin Sorbet

Strawberry Cocok Untuk Bahan Sorbet

Strawberry Cocok Untuk Bahan Sorbet (Image source: carrefour.fr)

Tak hanya cocok dicampurkan ke dalam es krim dan berbagai jenis makanan lain, buah beri merah ini juga sangat cocok dijadikan sorbet. Kandungan airnya yang banyak, warna merahnya yang menggugah serta aromanya yang menggoda menjadikan stroberi buah yang paling cocok dijadikan sorbet.

Kalau di sekitarmu tidak tersedia buah stroberi segar, stroberi kalengan yang beku juga bisa dijadikan pilihan.

  1. Blueberry Cocok Untuk Bikin Sorbet

Blueberry Cocok Untuk Bahan Sorbet

Blueberry Cocok Untuk Bahan Sorbet (Image source: healthiertalk.com)

Selain punya rasa yang sedap dan aroma yang wangi, blueberry juga memiliki banyak khasiat kesehatan untuk Anda. Anda bisa mengemas blueberry segar dan membekukannya untuk stok membuat sorbet di rumah. Sama seperti stroberi, bluberry segar atau kalengan sama-sama bisa diolah menjadi sorbet.

  1. Lemon dan Jeruk Nipis Cocok Untuk Bikin Sorbet

Lemon Cocok Untuk Bahan Sorbet

Lemon Cocok Untuk Bahan Sorbet (Image source: yourlocalfruitshop.com.au)

Tidak semua buah untuk bahan sorbet harus memiliki rasa manis. Asam dan segarnya jeruk lemon atau jeruk nipis bisa juga dijadikan semangkuk sorbet yang segar. Perpaduan keduanya akan memberikan rasa segar dan ‘bersih’ setelah menyantap makan malam yang berat. Anda juga bisa memadukan lemon dengan aneka buah segar lain.

  1. Mangga

Mangga Cocok Untuk Bahan Sorbet

Mangga Cocok Untuk Bahan Sorbet (Image source: alibaba.com)

Beruntunglah kita yang tinggal di negara tropis karena bisa terus menyantap mangga sepanjang tahun. Buah tropis nan eksotis ini sangat digilai apalagi oleh pecinta sorbet. Karena seratnya, mangga memberikan tekstur creamy yang membuat sorbet semakin mantap dinikmati.

  1. Jeruk

Jeruk/ SUnkist Cocok Untuk Bahan Sorbet

Jeruk/ SUnkist Cocok Untuk Bahan Sorbet (Image source: essentialoilspedia.com)

Sama seperti lemon dan jeruk nipis, jeruk juga merupakan pilihan buah yang pas untuk sorbet. Kalau tak menemukan jeruk segar, Anda bisa memanfaatkan jus botol yang dijual di supermarket untuk membuat dessert di rumah.

  1. Nanas

Nanas Cocok Untuk Bahan Sorbet

Nanas Cocok Untuk Bahan Sorbet (Image source: verywell.com)

Buah satu ini tidak hanya kaya vitamin C. Kadar airnya yang tinggi, warnanya yang memikat serta aromanya yang khas membuat nanas cocok disulap menjadi sorbet. Sorbet nanas bisa membantumu mengatasi asma, melancarkan peredaran darah dan memperbaiki pencernaan.

  1. Buah Naga

Buah Naga Cocok Utuk Bahan Sorbet

Buah Naga Cocok Utuk Bahan Sorbet (Image source: thegreedyvegan.com)

Beberapa tahun ke belakang, buah naga memang sedang tenar-tenarnya. Manfaat kesehatan yang dijanjikan oleh buah berwarna merah ini memang cukup banyak: menurunkan kolesterol, mengobati diabetes hingga mencegah kanker. Kandungan airnya yang cukup banyak membuat buah naga sedap disantap sebagai sorbet di siang hari.

  1. Kiwi

Kiwi Cocok Untuk Bahan Sorbet

Kiwi Cocok Untuk Bahan Sorbet (Image source: medicalnewstoday.com)

Buah dengan biji hitam di bagian tengahnya ini terkenal mampu mengatasi banyak masalah kesehatan seperti sebagai antihipertensi, menangkal radikal bebas, baik untuk mata dan pencernaan hingga mencegah Alzheimer. Kandungan airnya yang banyak serta rasanya yang asam dan segar sangat sempurna untuk dijadikan sorbet. Anda bisa memotong-motong buah kiwi dan mencampurkannya dengan yakult dan gula sebelum membekukannya ke dalam freezer.

(Visited 481 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.