8 Bakso Unik dan Kekinian Yang Wajib Kamu Coba

7 Makanan dan Minuman Mewah Yang Mengandung Emas
November 12, 2017
Mengenal Sejarah Sushi
Mengenal Sejarah Sushi, Makanan Paling Terkenal Dari Jepang
November 12, 2017
Show all
Bakso Unik dan Kekinian Yang Wajib Dicoba

Image soruce : bbc.com

Agar mampu bersaing, para pedagang bakso banyak yang melakukan inovasi terhadap rasa dan bentuk bakso yang mereka jual. Ada yang membuat bakso dengan ukuran super besar, dan ada juga yang membuat bakso dengan ukuran kecil-kecil. Selain itu isian bakso juga semakin beragam, tidak hanya daging saja, tetapi ada pula yang diisi dengan cabai dan keju. Meskipun cara memasaknya masih sama-sama mengunakan kompor gas, tetapi bakso-bakso unik dan kekinian berikut ini wajib Anda coba:

  1. Bakso Beranak – Bakso Unik dan Kekinian

Bakso Beranak Bakso Unik

Image source : pergikuliner.com

Awal mula kemunculan bakso beranak dimulai dari sebuah kedai bakso di Kota Bogor, yakni Big Baso Familiy. Bakso beranak memiliki ukuran yang sangat besar. Ketika Anda mencoba memotong bakso tersebut maka pada bagian dalam akan terlihat bakso-bakso lain yang berukuran lebih kecil. Isinya tidak hanya bakso berukuran kecil saja, bisa juga berisi telur ayam, telur puyuh, atau baso tahu. Konsep bakso beranak kemudian mulai menyebar ke kota-kota lainnya seperti Jakarta, Bandung, dan Jogja.

  1. Bakso Kerikil – Bakso Unik dan Kekinian

Bakso Kerikil Bakso Unik

Image source : tribunnews.com

Jika Anda bosa memakan bakso dengan ukuran yang besar, atau Anda malas memotong bakso menjadi ukuran-ukuran yang lebih kecil maka Anda wajib mencoba bakso kerikil khas Magelang. Salah satu bakso kerikil Magelang yang paling terkenal adalah bakso Pak Bendot. Sama seperti namanya, bakso kerikil memiliki ukuran yang kecil seperti batu kerikil. Satu mangkok bakso kerikil biasanya berisi belasan atau bahkan puluhan bakso.

  1. Bakso Rusuk – Bakso Unik dan Kekinian

Bakso Rusuk Bakso Unik

Image source : afiframdana.blogspot.co.id

Pada umumnya bakso disajikan dengan campuran tetalan, jeroan atau gajih. Namun, bagaimana rasanya jika Anda memakan bakso plus rusuk sapi? Anda bisa mencobanya di bakso rusuk Saman Hudi yang sangat terkenal di daerah Juanda. Karena bakso tersebut direbus di dalam panci bersama dengan rusuk atau iga sapi, maka kuah kaldu yang dihasilkan terasa lebih pekat dan nikmat, mirip seperti sop iga sapi.

  1. Bakso Klenger – Bakso Unik dan Kekinian

Bakso Klenger Bakso Unik

Image source : bijibersemi.com

Di Yogyakarta terdapat sebuah warung bakso bernama Bakso Ratusari yang menyajikan bakso berukuran super besar. Anda bisa menemukan bakso dengan berat mulai dari 250 gram hingga 5 kilogram. Dengan berat seperti itu, tidak heran jika ukurannya menjadi besar. Bahkan ada yang lebih besar dari ukuran manusia. Istilah bakso klenger sendiri muncul karena bakso tersebut akan membuat Anda klenger jika dihabiskan seorang diri. Oleh karena itu, banyak diantara pembeli yang memesan bakso klenger berukuran besar untuk dimakan bersama-sama teman.

  1. Bakso Hitam – Bakso Unik dan Kekinian

Bakso Hitam Bakso Unik

Image source : netmedia.co.id

Jika Anda berkunjung ke Surabaya, Anda wajib mencoba Bakso Hitam Pandegiling. Meskipun memiliki tampilan warna hitam, tetapi bakso ini tetap aman untuk dimakan. Bahan utama bakso hitam tetap menggunakan daging, tetapi diberi campuran arang hitam yang dapat dikonsumsi. Inovasi bakso hitam tidak hanya pada warnanya saja, bakso hitam juga diisi dengan lelehan coklat yang mana ketika bakso tersebut dibelah maka coklat akan bercampur dengan kuah.

  1. Bakso Setan – Bakso Unik dan Kekinian

Bakso Setan Bakso Unik

Image source : jadiberita.com

Salah satu kedai bakso setan yang terkenal berada di wilayah puncak, Bogor. Menikmati bakso setan ditengah udara dingin puncak akan memberikan kenikmatan tersendiri. Bakso setan memiliki tiga jenis ukuran yang berbeda, mulai dari ukuran sedang hingga super besar. Pada bagian dalam, bakso setan diiisi dengan daging cincang. Ukurannya yang sangat besar akan membuat siapapun ketakutan untuk menghabiskannya seorang diri. Oleh karena itu, bakso ini disebut bakso setan.

  1. Bakso Kelapa – Bakso Unik dan Kekinian

Bakso Kelapa Bakso Unik

Image source : ksmtour.com

Biasanya bakso disajikan di atas mangkok, tetapi bakso di Rumah Makan DM, Tangerang, menyajikan bakso di dalam batok kelapa muda. Meskipun bahan dan isian bakso yang digunakan sama seperti bakso pada umumnya, tetapi cara penyajiannya akan membuat Anda penasaran ingin mencoba. Selain itu kuah bakso juga bercampur dengan air kelapa dan Anda juga masih bisa menyerut daging kelapa yang terdapat di dalam batok tersebut.

  1. Bakso Barbel – Bakso Unik dan Kekinian

Bakso Barbel Bakso Unik

Image source : trenzing.id

Agung Hercules, seorang artis sekaligus binaragawan, memiliki beberapa kedai bakso Malang dengan konsep yang unik di wilayah Bandung. Karena orang-orang mengenalnya sebagai seorang yang bertubuh atletis maka ia memberanikan diri untuk membuka usaha bakso berbentuk barbel. Tidak hanya baksonya saja yang bebrbentuk barbel, tetapi mangkok, gelas, sendok, garpu, dan desain interior kedai bakso tersebut juga mengusung konsep barbel. Dengan konsep yang unik, tidak heran jika Bakso Barbel Agung Hercules sangat populer di Banding.

 

(Visited 360 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.