7 Inspirasi dan Tips Dapur Rumah Mungil

9 Inspirasi Menu Food Truck Yang Menggugah Selera Ala Hock
9 Inspirasi Menu Food Truck Yang Menggugah Selera
Oktober 4, 2017
Kompor Gas Susah Dinyalakan Ini Solusinya
7 Solusi Ampuh Jika Kompor Gas Susah Dinyalakan
Oktober 4, 2017
Show all
Tips Dapur Rumah Kecil Agar Tetap Bagus dan Nyaman

Tips Dapur Rumah Kecil Agar Tetap Bagus dan Nyaman

Untuk Anda yang memiliki dapur rumah kecil, jangan berkecil hati. Ukuran dapur yang kecil bukan berarti Anda tidak bisa memiliki dapur impian Anda dan berkreasi. Dengan sedikit kreatifitas, dijamin dapur Anda bisa tetap terlihat bagus dan nyaman. Inilah 7 inspirasi dan tips dapur rumah mungil versi kami.

  1. Hindari Penggunaan Kabinet Terlalu Banyak

Jangan Gunakan Terlalu Banyak Kabinet Pada Dapur Rumah Mungil

Jangan Gunakan Terlalu Banyak Kabinet (Image source : ikea.com)

Setiap orang pasti ingin memilki dapur dengan perlengkapan dan kitchen set yang lengkap. Bahkan hampir seluruh dinding dan sudut dapur harus tertutup oleh kabinet. Padahal, kabinet hanya akan menghabiskan ruang di dapur rumah anda. Sebaiknya jangan gunakan terlalu banyak kabinet. Gunakan konsep kabinet dua tingkat yang akan memaksimalkan pemanfaatan ruang dapur. Beberapa perlatan dan bahan makanan juga bisa di simpan di dalam lemari kabinet. Bahkan, anda bisa menyembunyikan tabung kompor gas di dalam kabinet.

  1. Memanfaatkan Rak Susun

Gunakan Rak Susun Pada Dapur Rumah Mungil

Gunakan Rak Susun Pada Dapur Rumah Mungil

Jika kabinet dianggap terlalu mahal dan sangat memakan tempat, gunakan rak susun yang terbuat dari besi atau kayu. Meskipun ruang dapur sangat terbatas, anda boleh membuat rak susun hingga menempel langit-langit rumah. Semakin tinggi rak maka semakin banyak benda yang bisa anda susun di dalamnya. Namun, rak cenderung tidak memiliki penutup sehingga penataan barang-barang yang disimpan di sana harus rapi. Anda bisa menggunakan box atau kontainer untuk membuatnya lebih terorganisir.

  1. Gantung Peralatan Memasak Untuk Atasi Keterbatasan Lemari Pada Dapur Rumah Mungil

Gantung Peralatan Masak Pada Dapur Rumah Mungil

Gantung Peralatan Masak Pada Dapur Rumah Mungil

Ukuran dapur yang mungil tidak menjadi halangan untuk memiliki peralatan memasak yang super lengkap. Jika tidak memiliki lemari piring yang besar, anda bisa menggantung beberapa perlatan seperti wajan, teflon, panci, dan spatula di dinding dapur. Anda bisa menggantungnya di atas bak cuci piring, di atas kompor gas, atau di mana saja. Namun, jika anda menggantungnya secara sembarangan, dapur anda akan terlihat berantakan.

  1. Atasi Dapur Rumah Kecil Dengan Menata Bahan Makanan Dengan Toples

Simpan Bahan Makanan di Dalam Toples

Simpan Bahan Makanan di Dalam Toples

Salah satu kriteria rumah rapi bisa dilihat dari dapurnya. Jika dapur anda berantakan, penuh dengan benda kecil, bumbu-bumbu memasak, dan lainnya yang berserakan atau tidak berada di tempatnya maka bisa dianggap jorok. Memasak di tempat yang kotor bisa memberikan dampak negatif. Selain mempengaruhi kesehatan, bisa juga mempengaruhi nafsu makan. Untuk mensiasatinya, anda bisa memulai dari hal kecil seperti menyimpan bahan makanan di dalam toples. Anda bisa menaruh berbagai jenis bumbu, sereal, kopi, gula, dan lainnya ke dalam toples yang berbeda. Kemudian masing masing toples diberi nama sesuai isinya sehingga memudahkan anda saat menggunakannya lagi.

  1. Menaruh piring dan gelas di dalam kabinet

Taruh Piring dan Gelas di Dalam Kabinet Pada Dapur Rumah Mungil

Taruh Piring dan Gelas di Dalam Kabinet Pada Dapur Rumah Mungil (Image source : wallpapersmonster.com)

Kabinet dapur memiliki beragam jenis. Namun, yang paling populer adalah model minimalis. Dibandingkan menggunakan meja biasa, peenggunaan kabinet lebih menguntungkan. Kabinet bisa terdiri dari dua susun, yaitu kabinet bawah dan atas sehingga ruang dapur rumah bisa dimanfaatkan secara maksimal. Selain itu, kabinet juga memiliki ruang penyimpanan di dalamnya berupa lemari atau laci. Daripada harus menambah biaya untuk membeli lemari piring, lebih baik memanfaatkan kabinet sebagi tempat menaruh piring dan gelas. Bahkan, kabinet juga bisa digunakan untuk meletakan tabung gas dan menyimpan bahan makanan.

  1. Gunakan Ventilator Atap Agar Udara Di Dapur Tetap Segar

Gunakan Kompor Gas Tanam dan Ventilator Atap Pada Dapur Rumah Mungil

Gunakan Kompor Gas Tanam dan Ventilator Atap

Jika Anda belum tahu, kompor gas tanam adalah kompor yang yang biasanya di pasang menjadi satu dengan kabinet. Tabung kompor gas juga biasanya diletakan di dalam lemari kabinet. Saat memesan kitchen set, Anda akan di tawari apakah ingin menggunakan kompor gas tanam atau tidak. Tidak ada perbedaan mencolok antara kompor gas biasa dengan kompor gas tanam. Akan tetapi penggunaan kompor gas tanam membuat tata letak dapur anda menjadi lebih rapi. Untuk mencegah langit-langit yang menghitam akibat asap memasak, sebaiknya tambahkan juga alat penghisap asap di atas kompor gas tanam.

  1. Atasi Dapur Rumah Kecil Dengan Meja Makan Dengan Kursi Bar

Gunakan Meja Makan Dengan Kursi Bar Pada Dapur Rumah Mungil

Gunakan Meja Makan Dengan Kursi Bar

Letak dapur rumah biasanya bersebelahan dengan ruang makan, atau ada juga dapur yang menjadi satu dengan ruang makan. Akan tetapi, jika dapur anda berukuran kecil, penambahan meja makan justru membuat dapur terasa sempit. Untuk mengatasinya, gunakan meja makan yang menjadi satu dengan kitchen-set. Biasanya meja makan ini berukuran kecil dan menggunakan kursi bar. Meskipun ukuran meja makan dengan kursi bar tidak terlalu besar, tetapi masih bisa difungsikan sebagai tempat makan.

Itulah 7 tips untuk membuat dapur rumah kecil agar tetap bagus dan nyaman versi kami. Bagikan pengalaman dan tips Anda di bawah sini.

(Visited 84 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.