Tips dan Trik Membuat Steak Dengan Oven

5 Fakta Tentang Kesehatan yang Selalu Diperdebatkan
5 Fakta Tentang Kesehatan Yang Selalu Jadi Perdebatan
Agustus 5, 2017
5 Keahlian Ibu Rumah Tangga Yang Menghasilkan
5 Keahlian Ibu Rumah Tangga Yang Menghasilkan
Agustus 19, 2017

Jika membahas tentang oven, yang ada di benak Anda pasti memanggang kue dan jarang diketahui bahwa Anda juga bisa membuat steak dengan oven. Kelebihannya, tentunya dapat dimasak didalam ruangan tanpa harus pusing memikirkan asap yang dihasilkan arang jika membuat steak dengan pemanggang arang (grill).

Membuat Steak Dengan Oven Bisa Dilakukan di Rumah

Walaupun steak dapat mudah ditemui di berbagai restoran, steak buatan sendiri yang dipanggang dengan oven pasti memberikan cita rasa tersendiri. Daging panggang ini cocok dipadukan dengan saus, dan aneka makanan pendamping yang bisa ditentukan sesuai selera.

Meski tampaknya steak sangat mudah dimasak, namun mengolah sepotong daging menjadi sebuah hidangan yang cantik ternyata susah-susah gampang. Proses yang harus dilakukan memang terbilang pendek, tetapi jika melewatkan beberapa hal penting, Anda tak akan bisa mendapatkan potongan steak yang lezat.

Idealnya, untuk membuat steak, daging dipanggang di atas pemanggang dengan bara api di bawahnya. Hal yang sangat menyenangkan, dan cocok untuk dilakukan pada hari-hari istimewa bersama orang-orang kesayangan.

Namun, ada kalanya Anda ingin membuat steak dengan cara sederhana, menggunakan peralatan yang sudah ada, dan melakukannya di dalam dapur rumah sendiri. Jika demikian, memanggang steak dengan memanfaatkan oven tampaknya menjadi pilihan yang tepat.

Anda tak perlu repot-repot mencari ruang terbuka, dan menyalakan bara api. Sehingga waktu memasak juga akan jauh lebih singkat jika dibandingkan dengan pemanggang biasa.

Pilih dan Olah Daging Dengan Tepat

Langkah awal membuat steak dengan oven adalah memilih daging. Pilih daging sesuai dengan selera Anda. Sebaiknya membeli daging sesuai dengan kebutuhan saat itu, untuk menghindari penyimpanan daging. Menyimpang daging terlalu lama akan mengubah aroma, dan cita rasa asli dari daging itu sendiri.

Sampai di dapur, segera keluarkan daging, dan letakkan di wadah terbuka, untuk mengurangi cairan yang terkandung di dalam daging. Bersihkan daging menggunakan tisu kertas, yang bisa menyerap cairan tanpa meninggalkan serpihan tisu.

Selanjutnya, panaskan oven hingga mencapai panas yang sedang, dan stabil. Letakkan potongan daging di atas wajan besi, atau loyang yang agak tebal, kemudian masukkan di rak paling bawah, di bagian dalam oven.

Setelah itu, siapkan bumbu-bumbu yang akan dioles. Campurkan dua sendok minyak kanola atau minyak sayur dengan sedikit garam, dan merica hitam butiran hingga merata dalam sebuah wadah. Keluarkan daging dari oven, olesi setiap sisinya dengan bumbu yang sudah disiapkan.

Jika menginginkan rasa yang lebih kaya, Anda bisa menaburkan garam, dan merica lagi di atas kedua sisi daging. Menepuk-nepuk sisi daging bisa membantu untuk meresapkan bumbu-bumbu.

Perhatikan Suhu dan Lama Daging Dimasak

Usai membumbui, masukkan kembali daging ke dalam oven, dalam keadaan suhu panas tinggi. Masak selama sekitar 30 sampai 60 detik, kemudian balik. Lakukan hal serupa pada sisi daging lainnya. Jika steak sudah mulai matang, akan terdengar suara mendesis. Anda hanya tinggal menunggu tingkat kematangan steak sesuai dengan yang Anda inginkan.

Apabila tingkat kematangan steak sudah sesuai dengan keingtinan, keluarkan daging dari dalam oven. Letakkan steak di atas talenan, tutup dengan kertas aluminium, diamkan selama sekitar lima menit, sebelum mengirisnya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi cairan yang keluar dari dalam daging.

Steak bisa Anda nikmati begitu saja, atau dengan tambahan makanan pendamping, seperti kentang goreng, sayuran rebus, tumisan jamur, dan siraman saus. Saus yang lezat juga bisa Anda dapatkan dengan bahan dasar kaldu yang keluar dari dalam daging selama pemanggangan berlangsung.

Nah, dengan demikian, apakah Anda sudah siap untuk membuat steak dengan oven sekarang?

(Visited 382 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.