Resep Memasak Tteokbokki Super Pedas Ala Korea Selatan

Menghasilkan Uang Tambahan Dari Hobi Baking
Ini 7 Cara Menghasilkan Uang Tambahan Dari Hobi Baking
November 2, 2017
Pencahar Alami Atasi Sembelit
Kenali 5 Pencahar Alami Untuk Menyembuhkan Sembelit Yang Melilit
November 2, 2017
Show all
Resep dan Cara Memasak Tteokbokki Super Pedas

Resep dan Cara Memasak Tteokbokki Super Pedas (Image source : kimchiandbasil.com)

TteokBokki adalah salah satu jajanan Korea yang paling populer. Sebenanrnya, jajanan ini memiliki jenis yang beragam seperti misalnya, TteokBokki keju, RaBokki (mie Ramen), GanJang TteokBokki, atau GungJung TteokBokki (kecap). Karena cara memasak makanan ini  sangat mudah dan sederhana, orang Korea sering membuatnya sendiri di rumah. TteokBokkI memiliki rasa yang pedas. Namun, tingkat kepedasannya tergantung pada selera masing-masing. Anda bisa membuatnya lebih pedas atau lebih manis.

Banyak orang yang bertanya mengapa Tteokbokki yang mereka buat terasa tidak enak. Penyebanya adalah mereka menggunakan air biasa untuk membuat saus Tteokbokki, bukan menggunakan kaldu. Kaldu ikan teri (anchovy) paling baik untuk Tteokbokki tapi Anda juga bisa menggunakan kaldu sapi atau ayam. Beberapa penjual Tteokbokki terkenal di Korea menggunakan bahan-bahan rahasia seperti kaldu kepiting yang memiliki rasa lebih lezat. Sedangkan untuk vegetarian, Anda bisa menggunakan kaldu rumput laut. Jika Anda penasaran cara membuatnya, berikut resep memasak Ttekbokki.

Bahan-Bahan yang dibutuhkan

Untuk membuat tteokbokki, bahan-bahan yang digunakan ternyata cukup sederhana. Hampir semua bahan tersedia di supermarket Indonesia. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat tteokbokki.

Bahan Bahan Yang Dibutuhkan Untuk Memasak Tteokbokki

Bahan Bahan Yang Dibutuhkan Untuk Memasak Tteokbokki (Image source : maangchi.com)

Bahan dasar

  • 10-12 potong ttekbokki kering atau basah
  • 2 lembar fish cake, iris
  • 2 telur rebus
  • 1/2 siung bawang bombay sedang, iris
  • 3 tangkai daun bawang, iris

Bahan kaldu

  • 3 1/2 gelas air
  • 7 – 10 ikan teri kering
  • 1 lembar rumput laut kering 2×2

Bahan saus

  • 3 sendok makan gochujang (pasta cabai)
  • Bubuk cabai merah 1 sendok makan 
  • Kecap 1 sendok makan
  • Sirup jagung 1 sendok makan 
  • Gula 1 sendok teh 
  • Bawang putih parut 1 sdt 

Bahan tambahan (pilih salah satu)

  • 1 bungkus mie instan
  • 1 bungkus udon

Rendam Tteokbokki

Jika Anda menggunakan tteokbokki kering, rendam terlebih dahulu dalam air dingin selama 30 menit dan pisahkan tteokbokki yang saling menempel satu sama lain. Sebenarnya Anda bisa memasak tteokbokki kering secara langsung, tetapi butuh waktu memasak yang lama hingga tteokbokki kenyal dan saling terpisah. Namun, Anda tidak perlu melakukan hal tersebut jika menggunakan tteokbokki basah. Setelah itu potong tteokbokki menjadi 10 -12 potongan dengan panjang masing-masing sekitar 4-5 inci.

Membuat Kaldu Ikan Teri

Tambahkan 3 1/2 gelas air dingin ke dalam panci. Masukan 7 – 10 ikan teri kering ke dalam panci. Anda juga bisa menambahkan 1 lembar rumput laut untuk menambah rasa. Kemudian nyalakan api kompor gas dan biarkan hingga mendidih dalam panci tertutup selama 10 menit dengan api sedang. Angkat ikan teri dan lembaran rumput laut dari air kaldu. Jika air kaldu belum terasa pekat, Anda bisa membiarkan ikan teri di dalam kaldu sembari memasak tteokbokki dengan bumbu. Tapi, jika Anda membiarkannya terlalu lama, bisa memberi sedikit rasa pahit.

Membuat Kaldu Teri Untuk memasak Tteokbokki

Membuat Kaldu Teri Untuk memasak Tteokbokki (Image source : maangchi.com)

Potong dan Campur Bahan-bahan Yang Sudah Dipersiapkan 

Potong fish cake menjadi berbentuk segitiga atau persegi panjang. Iris bawang bombay. Potong 3 daun bawang menjadi beberapa bagian dengan panjang sekitar 3 – 4 sentimeter. Masukan tteokbokki ke dalam kaldu ikan teri yang sudah Anda buat. Tambahkan 3 sdm gochujang, 1 sdm bubuk cabai merah, 1 sdm sirup jagung, 1 sdt gula pasir, 1 sdm kecap, dan ½ sdt bawang putih parut.

Campur Bahan Untuk Memasak Tteokbokki

Campur Bahan Untuk Memasak Tteokbokki (Image source : maangchi.com)

Bergantung pada selera masing-masing, Anda bisa membuat tteokbokki menjadi lebih manis atau lebih pedas dengan menambahkan atau mengurangi gochujang atau bubuk cabai. Jika Anda tidak bisa makan makanan yang terlalu pedas, jangan terlalu banyak menggunakan bubuk cabai merah. Anda juga bisa menggunakan madu jika tidak punya sirup jagung. Kemudian masak semua bahan menggunakan kompor gas selama 10 – 15 menit pada api sedang.

Memasak tteokbokki

Aduk semua bahan secara perlahan dengan spatula saat kaldu mulai mendidih. Terus aduk sampai tteokbokki menjadi kenyal dan sausnya mengental selama 10 – 15 menit. Jika tteokbokki masih terasa keras, tambahkan lebih banyak air dan terus diaduk sampai kenyal. Bila Anda menggunakan ttekbokki basah, waktu memasaknya akan lebih singkat. Terakhir tambahkan mie instan atau udon (opsional), telur rebus, fish cake dan masak kembali di atas kompor gas dengan api kecil selama 3 menit atau sampai sausnya benar-benar mengental.

Tteokbokki Super Pedas

Tteokbokki Super Pedas (Image source : maangchi.com)

Tteokbokki Siap Disajikan

Ttesokbokki yang Anda masak sudah siap untuk disajikan. Tambahkan irisan daun bawang diatasnya. Selain itu Anda juga bisa menambahkan beberapa topping lainnya seperti wijen atau keju. Sekarang tteokbokki sudah diap untuk disantap!

 

(Visited 145 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.