Mengintip Potensi Bisnis Food Truck Yang Menjanjikan

Inilah 10 Sambal Khas Dari Berbagai Daerah di Indonesia
September 4, 2017
Panggang Sayur Dengan Oven Aluminium
Panggang Sayur Dengan Oven Aluminium? Lihat 4 Resep Ini
September 11, 2017
Show all

Mengintip Potensi Menjanjikan Dibalik Bisnis Food Truck

Kehadiran bisnis food truck membawa perubahan menyegarkan dalam budaya street food di Indonesia. Bukan hanya sukses menarik perhatian para penggemar kuliner, tapi juga pengusaha pemula yang ingin mulai terjun ke dalam dunia kuliner. Konsep food truck memang terlihat sangat menarik, selayaknya restoran berjalan. Mobil atau truk dimodifikasi sedemikan rupa agar dapat memuat peralatan dapur seperti kompor gas, bak cuci piring, dan kelengkapan lainnya. Anda juga mungkin jadi penasaran, apa benar potensi bisnis food truck sebesar kepopulerannya? Untuk tahu lebih jelas, yuk intip uraian kami di bawah ini.

  1. Biaya Investasi Lebih Terjangkau Dalam Jangka Panjang

"<yoastmark

Walaupun investasi awal saat memulai bisnis food truck memang cukup besar. Terutama untuk jasa karoseri kendaraan dan melengkapi peralatan sesuai dengan menu yang akan disajikan, seperti deep fryer, salamander, kompor gas, dan lainnya. Dengan konsep take away, Anda bahkan tak perlu membeli meja, kursi, atau pecah belah seperti di restoran.

Begitu juga dengan tidak adanya biaya pajak bangunan, dekorasi tempat, dan gaji pelayan. Otomatis biaya operasional dan perawatan harian akan jauh lebih terjangkau. Dalam jangka panjang, ini artinya investasi awal yang Anda keluarkan akan cepat kembali.

  1. Selalu Dekat Dengan Keramaian

Food Truck Memperbolehkan Anda Untuk Lebih Dekat Dengan Konsumen

Food Truck Memperbolehkan Anda Untuk Lebih Dekat Dengan Konsumen

Namanya juga bisnis food truck, ini artinya Anda bisa cepat berpindah tempat ke berbagai lokasi strategis dengan potensi penjualan yang besar, seperti area wisata, kampus dan sekolah, ataupun event musik. Selama keberadaan food truck sudah sesuai aturan, tak menganggu lingkungan, dan membayar biaya parkir sesuai dengan tarif yang sudah ditetapkan oleh pengelola lahan atau panitia event, Anda sudah bisa langsung mulai berjualan. Jadi, bagi pemilik bisnis food truck sebenarnya tak ada alasan bisnis lesu karena pelanggan sedang sepi, kan?

  1. Lebih Mudah Membangun Brand

Food Truck Memudahkan Anda Untuk Lebih Dikenal Banyak Orang

Food Truck Memudahkan Anda Untuk Lebih Dikenal Banyak Orang

Bisnis sestoran atau kafe yang baru saja dibuka, cenderung membutuhkan biaya promosi dan pemasaran yang lumayan besar untuk mengenalkan brand dan menarik perhatian calon konsumen untuk dating dan mencoba. Dengan bisnis food truck, Anda dapat secara proaktif mendekatkan produk Anda langsung ke calon konsumen dengan memindahkan food truck Anda ke tempat strategis sehingga biaya pemasaran dapat jauh ditekan.

Membangun brand dari skala kecil melalui media sosial dan interaksi langsung di lapangan untuk menumbuhkan kedekatan dengan customer memang cara yang efektif untuk membangun loyalitas dengan pelanggan. Dalam jangka panjang, hal ini akan membuat Anda lebih mudah untuk melebarkan bisnis food truck di masa depan, baik dengan mendirikan restoran tetap atau dijadikan franchise.

  1. Cocok Untuk Pemula Yang Ingin Terjun ke Bisnis Kuliner

Bisnis Food Truck Cocok Untuk Pemula Yang Ingin Terjun ke Bisnis Kuliner

Bisnis Food Truck Cocok Untuk Pemula Yang Ingin Terjun ke Bisnis Kuliner

Asalkan direncanakan dan dipersiapkan dengan matang, bisnis food truck sangat sesuai untuk pebisnis pemula yang belum berpengalaman dalam industri kuliner. Dengan skala bisnis yang tidak terlalu besar, Anda jadi bisa belajar banyak hal secara bertahap, seperti: Mengenal peralatan dasar food truck seperti kompor gas dan sebagainya, menyusun menu, sampai membuat strategi pemasaran.

  1. Potensi Bisnis Food Truck Yang Besar Karena Perubahan Trend

Food Truck Memberikan Akses ke Pasar Yang Besar

Food Truck Memberikan Akses ke Pasar Yang Besar

Menurut statistik dari situs Mobile-Business, pertumbuhan industri food truck mencapai 12,4% pada tahun 2015 dengen kecenderungan trend yang terus meningkat. Ini artinya bisnis food truck masih akan terus bertahan di industri kuliner dalam waktu yang cukup lama.

Konsep hidangan food truck terus beradaptasi dengan trend dan erat dengan jiwa muda, menjadi salah satu alasan bisnis ini akan terus diminati oleh konsumen. Apalagi, jumlah food truck saat ini relatif masih sedikit bila dibandingkan dengan permintaan pasar.

  1. Potensi Bisnis Food Truck Terletak Pada Fleksibilitas

Food Truck Lebih Fleksible Dalam Menjangkau Konsumen

Food Truck Lebih Fleksible Dalam Menjangkau Konsumen

Butuh penghasilan tambahan di luar pekerjaan kantor? Bisnis food truck bisa jadi alternatif yang tepat untuk Anda, karena sangat fleksibel bila dilihat dari segi waktu dan tempat. Selama interaksi dan posting konten di media sosial tetap dijaga, berjualan hanya di akhir pekan dan hari libur bukan masalah bagi bisnis food truck. Bahkan bisa jadi nilai lebih yang membuat konsumen jadi semakin penasaran.

Saat nanti bisnis food truck sudah berkembang dan sukses, bukan tidak mungkin Anda malah bisa meninggalkan pekerjaan kantoran. Jadi, jangan jadikan pekerjaan sebagai halangan untuk memulai bisnis, ya.

Bagaimana, sudah semakin yakin dengan potensi bisnis food truck yang ada? Sebelum berjualan, ada baiknya Anda mulai dengan rencana bisnis dan persiapan yang dilakukan dengan teliti. Semoga sukses!

(Visited 469 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.