Yuk Coba 6 Olahan Kurma Yang Lezat dan Bikin Ketagihan

5 Chef Cantik Indonesia
Ini Dia 5 Chef Cantik Indonesia Yang Sukses di Dunia Kuliner
Oktober 20, 2017
Bikin Japanese Cheese Cake di Rumah
Cara Mudah Membuat Japanese Cheese Cake di Rumah
Oktober 20, 2017
Show all
6 Olahan Kurma Yang Lezat dan Bikin Ketagihan

6 Olahan Kurma Yang Lezat dan Bikin Ketagihan (Image source : organicfacts.net)

Buah satu ini memang lekat dengan budaya berbuka puasa di bulan Ramadhan. Rasanya yang manis dengan kandungan kalorinya yang tinggi sangat baik untuk orang-orang yang sedang berpuasa.  Serat pangan yang larut di dalamnya dapat mengontrol diabetes dengan menurunkan tingkat gula darah serta kolesterol dalam darah.Dalam kurma terdapat energi, protein, karbohidrat, serat, gula, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin K, fitonutrisi, beta karoten, beta kriptoxantin, likopen, lutein dan zeaxantin. Untuk memperoleh manfaat maksimal dari buah ini, ternyata tak hanya dengan menyantapnya bulat-bulat. Ada berbagai macam olahan kurma yang bisa dijadikan opsi untuk menikmati manisnya dan manfaatnya untuk kesehatan.

  1. Olahan Kurma – Pizza Kurma Kentang

Mengolah Kurma Menjadi Pizza Kurma Kentang

Mengolah Kurma Menjadi Pizza Kurma Kentang (Image source : oldwayspt.org)

Mencampurkan irisan kurma ke dalam pizza Anda ternyata bisa menjadi pilihan yang tak kalah sedapnya. Siapkan adonan kulit pizza, potongan kentang, keju feta, irisan kurma. Paprika, olive oil, garam dan merica hitam. Untuk sausnya tumis bawang putih, pasta tomat, garam, gula, basil dan merica hitam di atas kompor gas.

Panaskan oven portable atau kompor alumunium Anda selama kurang lebih 25-30 menit. Siapkan adonan pizza, oleskan saus dan topping bergantian. Panggang selama 5-7 menit. Sajikan selagi hangat.

  1. Olahan Kurma – Smoothies Kurma

Mengolah Kurma Menjadi Smoothies Kurma

Mengolah Kurma Menjadi Smoothies Kurma
(Image source : savedbythekale.com)

Jika tidak suka sarapan dengan produk susu, Anda bisa menggantinya dengan smoothies berbahan kurma dan pisang. Bahan-bahan tambahan lain adalah kacang almon, biji chia, minyak kelapa dan air. Anda bisa menentukan tingkat kekentalan smoothies yang Anda inginkan dengan menambahkan air.

  1. Olahan Kurma – Kurma Cokelat Isi Kacang

Mengolah Kurma Menjadi Cokelat Isi Kacang

Mengolah Kurma Menjadi Cokelat Isi Kacang (Image source : history.com)

Kudapan satu ini tidak hanya cocok untuk hidangan di hari lebaran tapi juga bisa menjadi camilan sehat sehari-hari. Caranya sangat mudah, pertama-tama keluarkan belah kurma dan keluarkan bijinya lalu ganti dengan kacang mede yang sebelumnya sudah dipanggang di dalam oven. Setelahnya, celupkan satu persatu kurma ke dalam cokelat yang sudah meleleh. Dinginkan hingga permukaannya mengeras.

  1. Olahan Kurma – Puding Kurma Kopi

Mengolah Kurma Menjadi Puding Kurma Kopi

Mengolah Kurma Menjadi Puding Kurma Kopi (Image source : manusmenu.com)


Suka rasa puding yang manis? Kenapa tidak mencoba berkreasi membuat puding dengan manisnya kurma? Apalagi dengan tambahan aroma kopi yang menggoda. Hidangan ini bisa menjadi makanan penutup yang lezat dan sehat. Pertama panaskan bubuk agar-agar bersama kopi, susu dan gula pasir di atas kompor gas hingga mendidih. Kemudian masukkan putih telur yang sudah dikocok bersama gula pasir hingga kaku. Tambahkan kurma yang sudah diiris kecil-kecil dan aduk hingga merata.

Setelahnya, masukkan adonan agar yang masih panas ke dalam cetakan dan sajikan dalam keadaan dingin.

  1. Olahan Kurma – Cake Kurma

Mengolah Kurma Menjadi Cake Kurma

Mengolah Kurma Menjadi Cake Kurma (Image source : YouTube.com)

Di toko-toko kue sudah banyak sekali aneka varian cake. Mulai dari bolu biasa dengan berbagai macam topping hingga cake pisang, cake labu, ubi, wortel dan aneka bahan lain. Dengan adonan yang sama, Anda bisa mengganti bahan-bahan tadi dengan kurma. Rasa manisnya tidak hanya mengurangi takaran gula, tapi sekaligus memberikan Anda berbagai manfaat kesehatan.

  1. Olahan Kurma – Es Krim Kurma

Mengolah Kurma Menjadi Es Krim KurmaMengolah Kurma Menjadi Es Krim Kurma (Image source : icecreamgeek.com)

Punya anak kecil yang gemar menyantap es krim? Khawatir dengan kandungan bahan pengawet, perasa dan pewarna kimia dari es krim yang biasa Anda beli di supermarket? Saatnya membuat es krim sendiri. Kurma termasuk bahan yang mudah sekali dijadikan es krim.

Pertama-tama rebus santan bersama bubuk cokelat, letakkan ke dalam wadah dan bekukan di dalam freezer. Setelahnya keluarkan dan haluskan bersama irisan daging kurma yang bijinya sudah dibuang. Taruh kembali di freezer. Sajikan setelah beku.

(Visited 145 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.