Mengolah Tomat Menjadi Aneka Mananan Lezat

4 Mitos Tentang Gorengan
Percaya atau Tidak? Ini 4 Mitos Tentang Gorengan
Oktober 19, 2017
5 Chef Cantik Indonesia
Ini Dia 5 Chef Cantik Indonesia Yang Sukses di Dunia Kuliner
Oktober 20, 2017
Show all
Mengolah Tomat Menjadi Aneka Makanan

Mengolah Tomat Menjadi Aneka Makanan (Image source : unsplash.com)

Tomat adalah salah satu jenis sayuran yang biasa digunakan untuk bahan memasak. Anda juga bisa mengolah tomat menjadi campuran sambal, dijadikan saus hingga dicampurkan ke dalam sup. Selain itu, tomat juga kerap dijadikan lalapan hingga bahan produk-produk kecantikan.

Kandungan vitamin dan mineral di dalam buah tomat menjadikan sayuran dengan nama latin Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum ini sebagai salah satu bahan makanan yang sangat bermanfaat. Tomat kaya akan vitamin C, A ( dan sejumlah nutrisi seperti niasin, tiamin dan asam folat yang baik bagi tubuh. Tomat biasanya diolah menjadi segelas jus oleh orang-orang yang ingin mendapatkan manfaat kesehatannya.

Jika bosan dengan olahan tomat yang begitu-begitu saja, kenapa tidak mencoba 5 olahan yang berbeda ini?

  1. Mengolah Tomat Jadi Pasta Tomat

Mengolah Tomat Jadi Pasta

Mengolah Tomat Jadi Pasta (Image source: taste.com)

Jika Anda menggemari santapan khas Italia ini, Pasta Tomat tentu adalah pilihan sedap nan sehat yang tak boleh Anda lupakan. Setelah pasta dimasak di atas kompor gas hingga matang, Anda tinggal menyiapkan bahan-bahan sausnya seperti bawang putih, olive oil, basil dan parmesan. Tambahkan tomat ceri sesuai dengan selera Anda dan nikmati bersama pasta.

  1. Mengolah Tomat Jadi Selai Tomat

Mengolah Tomat Jadi Selai Tomat

Mengolah Tomat Jadi Selai Tomat (Image source : epicurious.com)

Sepotong roti yang dipanggang di dalam oven portable tentu akan semakin terasa nikmat dengan selai. Daripada mengonsumsi selai kemasan yang berpengawet dan bahan yang tidak jelas kesegarannya, Anda bisa membuat selai tomat sendiri di rumah. Bahan dan cara pembuatannya pun sangat mudah. Masak tomat segar bersama gula, jintan, kayu manis, cengkih, jahe dan sedikit garam di atas kompor gas dengan api sedang. Aduk pelan selama kurang lebih satu jam untuk mendapatkan tekstur selai yang pas.

Setelah dingin, simpan dalam wadah tertutup di lemari es dan selai siap disantap dengan toast pagi kesukaan Anda.

  1. Mengolah Tomat Jadi Salad Tomat

Mengolah Tomat Jadi Salad Tomat

Mengolah Tomat Jadi Salad Tomat (Image source: taste.com)

Salad pada dasarnya bisa dibuat dengan sayur, buah bahkan daging apa saja. Jika ingin memperoleh manfaat maksimal buah tomat, Anda bisa menjadikan sayuran satu ini sebagai bahan baku utama. Selain tomat, tambahkan irisan bawang, daun peterseli cincang, oregano dan tuangkan dressing kesukaan yang bisa Anda cari resepnya di situs-situs memasak.

  1. Mengolah Tomat Jadi Saus Tomat

Mengolah Tomat Jadi Saus Tomat

Mengolah Tomat Jadi Saus Tomat (Image source : alittlebityummy.com)

Ada puluhan bahkan ratusan saus tomat kemasan yang dijual di pasaran. Namun karena sudah berbentuk kemasan, bahan baku, kandungan pengawet dan kesegarannya tidak terjamin lagi. Anda bisa mengakalinya dengan membuat saus tomat homemade. Cara membuatnya sangat mudah. Haluskan semua bahan utama seperti tomat, bawang merah, bawang putih, seledri, lobak, cuka, gula, pala dan garam. Jangan lupa dinginkan sebelum saus Anda simpan dalam wadah.

  1. Mengolah Tomat Jadi Keripik Tomat

Mengolah Tomat Jadi Keripik Tomat

Mengolah Tomat Jadi Keripik Tomat (Image source : Delish.com)

Keripik ternyata tidak hanya monopoli ubi atau singkong. Tomat pun ternyata bisa disulap menjadi camilan sedap nan menyehatkan. Bahannya adalah tepung terigu, tepung sagu, kaldu ayam bubuk, garam, merica, bawang putih, seledri dan pasta tomat. Pasta tomat yang baik dan segar bisa Anda buat sendiri dengan menghaluskan beberapa buah tomat.

Campurkan seluruh bahan, uleni hingga semua tercampur rata dan gumpalkan. Giling adonan dengan menggunakan gilingan mi dan bentuk menjadi lapisan tipis-tipis. Setelahnya, potong adonan dengan diameter kurang lebih 5 sentimeter. Panaskan minyak goreng di atas kompor gas, dan masukkan potongan keripik satu persatu. Goreng hingga kecokelatan dan renyah.

Jika lebih menyukai rasa asli tomat, Anda bisa langsung mengiris-iris buah tomat dan memanggangnya hingga kering dengan menggunakan oven portable atau oven aluminium.

(Visited 1.721 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.