4 Tips Ampuh Memperbaiki Bak Cuci Piring Bocor

Tips Hokinda Citralestari Bahan Pembersih Noda dan Kerak Kompor Gas
7 Bahan Ampuh Membersihkan Noda dan Kerak Kompor Gas
November 9, 2017
Cara Memasang Regulator Kompor Gas Dengan Benar
Cara Memasang Regulator Kompor Gas Dengan Baik
November 9, 2017

Kitchen sink atau bak cuci piring menjadi salah satu peralatan dapur yang amat penting. Jika tidak ada bak cuci piring pasti Anda dibuat repot untuk membersihkan peralatan dapur atau bahan makanan di rumah. Untuk itulah kenapa perawatan bak cuci piring dianggap penting dan perlu dilakukan secara rutin. Biarpun begitu mungkin beberapa dari Anda juga pernah mengalami kebocoran bak cuci piring. Jika dibiarkan terus menerus tentu akan membuat kelembapan yang dapat mengundang bakteri dan jamur. Kegiatan memasak atau mencuci peralatan juga menjadi terganggu.  Untuk memperbaiki bak cuci piring bocor di rumah Anda sebenarnya bisa dilakukan secara mandiri. Selain bisa menghemat biaya perawatan rumah juga lebih cepat jika dilakukan sendiri. Penasaran dengan langkah – langkah untuk memperbaiki bak cuci piring bocor Anda? Yuk ikuti ulasan selengkapnya berikut ini:

  1. Waterproofing Itu Penting

Kebocoran pada bak cuci piring bisa terjadi karena berbagai alasan salah satunya ialah kesalahan saat pemasangan keramik.  Apalagi jika kitchen sink Anda berbahan beton maka perlu dilakukan pembongkaran. Coba Anda amati apakah terdapat keretakan antara satu keramik dengan keramik lainnya. Langkah selanjutnya ialah mengoleskan bagian beton tadi dengan waterproofing. Waterproofing ini merupakan pelapis anti bocor yang akan mencegah rembesan air. Lakukan waterproofing sebanyak dua kali dengan bahan dasar semen.

  1. Atur Posisi Sink

Kebocoran pada bak cuci piring juga bisa dikarenakan kesalahan posisi kitchen sink itu sendiri. Hal ini bisa saja terjadi jika posisi saat pemasangannya tidak tepat mengenai lubang meja beton.  Sebenarnya kesalahan posisi kitchen sink ini bisa dihindari sedari awal. Pastikan untuk selalu menggunakan lubang meja beton yang sesuai dengan bak cuci piring yang Anda beli.

  1. Gunakan Sealant

Bagi Anda yang memiliki bak cuci piring dengan bahan stainless steel terkadang juga mengalami kebocoron. Bak cuci piring berbahan beton dnegan stainless steel memang memiliki sifat material yang berbeda.  Kemungkinan kebocoran bisa juga terjadi karena keretakan pada sambungan yang menghubungkan kitchen sink dengan meja beton.  Untuk memperbaiki bagian ini Anda perlu memasang sealant agar menutupi keretakan pada sambungan tersebut. Jangan lupa untuk menambahkan sealant beberapa lapis dan dikombinasikan dengan campuran semen.

  1. Perawatan Bak Cuci Piring

Untuk menjaga bak cuci piring Anda selalu awet Anda juga bisa melakukan perawatan mandiri. Perawatan ini juga tidak memerlukan biaya besar hanya butuh kebiasaan untuk rutin dilakukan.

Sumber : nationalpostcom.files.wordpress.com

  • Jangan Lupa Mengeringkan Kitchen Sink

Untuk menghindari bau yang tidak sedap pada bak cuci piring Anda maka biasakan untuk mengeringkannya setelah digunakan. Anda bisa menggunakan lap biasa untuk menyeka untuk menghindari munculnya jamur. Jika terlanjur sudah berbau tidak enak maka pakailah baking soda dan cuka. Caranya cukup sederhana yakni tabur bubuk baking soda pada bagian drainase bak cuci piring.

Diamkan hingga 30 menit kemudian bilas dengan setengah cangkir cuka. Biarkan selama 15 menit kemudian siram dengan air hanya selama 5 menit. Langkah ini mampu menghilangkan bau amis pada bak cuci piring Anda. Anda juga bisa menambahkan perasan jeruk lemon untuk menambah wewangian.

  • Bersihkan Secara Rutin

Anda bisa membersihkan bak cuci piring Anda setiap seminggu sekali dengan menggunakan sabun cuci piring. Basahi bak cuci piring Anda kemudian lap dengan sabun cuci piring kemudian bilas dengan air bersih. Jangan lupa untuk mengeringkannya memakai lap kering dan biarkan hingga benar – benar kering.

  • Lakukan Penyaringan

Satu hal lagi yang tak kalah penting untuk Anda ingat ialah lakukan penyaringan air. Hal ini karena saat menggunakan bak cuci piring tak jarang sisa makanan juga ikut terbawa. Jika dibiarkan begitu saja akan membuat bak cuci piring Anda mampet. Anda bisa menambahkan saringan pada pipa saluran air. Hal ini dimaksudkan untuk menyaring kotoran sehingga tidak memenuhi saluran air.

  • Jangan Lupa Untuk Lakukan Pengecekan

Langkah terakhir dalam perawatan bak cuci piring ialah rutin melakukan pengecekan. Hal ini untuk mengurangi resiko penyumbatan pipa bagian bawah. Jika bak cuci piring Anda kedapatan tersumbat maka segeralah lakukan perbaikan.

(Visited 1.575 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.