Ini 5 Gerakan Olahraga Mudah Yang Bisa Dilakukan Di Dapur

Manfaat Arang Bambu Yang Serbaguna
Manfaat Arang Bambu, Si Hitam Yang Serbaguna
September 22, 2017
Bingung Dengan Banyaknya Jenis Minuman Kopi?
Bingung Dengan Banyaknya Jenis Minuman Kopi? Coba Simak Ini
September 23, 2017
Show all
Ini 5 Gerakan Olahraga Yang Mudah DIlakukan di Dapur

Image source : greatist.com

Ingin mulai berolahraga tapi tak tahu gerakan olahraga yang harus dilakukan, atau tak punya cukup waktu untuk pergi ke gym? Wah, jangan sampai kedua hal tadi menghalangi Anda untuk mulai menjalankan pola hidup sehat.

Dengan menggunakan bantuan berbagai alat rumah tangga yang ada di rumah, Anda sudah bisa mulai berolahraga, bahkan sambil masak di dapur sekalipun. Yuk, lihat beberapa gerakan olahraga yang mudah diikuti berikut ini:

  1. Incline Push-Up

Gerakan Olahraga di Dapur Inclibed Push Up

Gerakan Olahraga di Dapur Inclibed Push Up

Untuk melakukan gerakan olahraga ini, Anda perlu berdiri di depan meja bak cuci piring. Sambil tetap meletakkan kedua telapak tangan di pinggir bak cuci piring, langkahkan kaki dua langkah ke belakang atau sampai tubuh Anda miring. Supaya aman, pastikan lantai tidak licin karena air atau cipratan minyak.

Jaga agar posisi tubuh lurus dari kepala sampai tumit, lalu tekuk kedua siku dan perlahan turunkan tubuh ke arah dudukan kursi. Tahan sebentar, lalu dorong meja bak cuci piring untuk kembali ke posisi awal. Lakukan gerakan ini sebanyak 8x untuk menguatkan core, dada, punggung, serta lengan.

  1. Step Up

Gerakan Workout - Step Up

Gerakan Olahraga – Step Up

Mau melatih pinggul, otot pinggul, dan paha sambil menunggu kue yang dipanggang di oven aluminium matang? Bisa kok, asal ada bangku kecil yang tingginya tak lebih dari setengah betis. Gerakan olahraga ini hampir mirip dengan menaiki anak tangga, jadi awali dengan menaruh kaki kanan di bangku kecil, lalu tekan sambil mengangkat kaki kiri untuk berdiri di atas bangku.

Turunkan kaki kiri lalu ikuti dengan kaki kanan sampai kedua kaki menapak lantai. Ulangi gerakan sebanyak 10 kali untuk kaki kanan dan 10 kali untuk kaki kiri. Jangan lupa jaga keseimbangan serta pilih tempat aman di dapur yang tidak licin dan tidak dekat dengan kompor gas atau kompor aluminium.

  1. Squat

Gerakan Workout - Squat

Gerakan Olahraga – Squat

Daripada mati gaya saat menunggu gorengan matang, lebih baik mundur sedikit dari meja kompor gas untuk melakukan squat. Berdiri dengan kaki dibuka selebar bahu dan tangan di samping kedua paha, lalu turunkan badan seperti mau duduk hingga lutut membentuk sudut 90 derajat. Pastikan punggung tetap lurus, lalu berdiri kembali ke posisi awal.

Untuk mengencangkan otot paha dan bokong, lakukan squat sebanyak 10 hingga 15 kali. Sesekali lihat masakan yang sedang dimasak di kompor gas ya, jangan sampai gosong karena terlalu bersemangat melakukan gerakan olahraga.

  1. Arm Circle

Gerakan Workout - Arm Circles

Gerakan Olahraga – Arm Circles

Sebelum memasak air panas di kompor gas atau mencuci gelas yang menumpuk di bak cuci piring, awali kegiatan di pagi hari dengan gerakan olahraga yang bisa mengencangkan lengan dan bahu. Berdiri tegak dengan memegang botol air mineral yang terisi penuh di setiap tangan, lalu rentangkan tangan dengan lurus setinggi bahu sambil menjaga punggung tetap tegak.

Dengan telapak tangan menghadap kedepan, mulai lakukan gerakan memutar dengan lengan dari arah depan ke belakang. Lakukan selama 30 detik lalu putar ke arah yang berlawanan selama 30 detik.

  1. Chair Dip

Gerakan Workout Chair Dip

Gerakan Workout Chair Dip

Untuk melakukan gerakan olahraga ini Anda perlu bantuan kursi makan yang kokoh serta tidak mudah bergeser. Lalu lakukan langkah berikut:

  • Mulailah dengan berdiri membelakangi kursi.
  • Duduk di ujung depan kursi sambil meletakkan tangan dibelakang pinggul.
  • Angkat bokong dan langkahkan kaki ke depan sambil menekan kursi. Jaga agar dada dan kepala tetap tegak, dengan posisi lutut tidak melewati posisi jari kaki.
  • Perlahan turunkan badan hingga siku membentuk sudut hampir 90 derajat.
  • Luruskan tangan untuk mengangkat tubuh ke atas, dengan cara menumpukan berat badan di telapak tangan.
  • Untuk pemula, cukup lakukan 6 hingga 8x lalu tambah bila Anda sudah merasa lebih kuat. Supaya yakin kursi makan tak bergeser, Anda bisa menempelkannya di tembok.

Jadi tak ada lagi alasan tak punya waktu untuk berolahraga, kan? Entah sambil memanggang brownies di oven aluminium atau menunggu serabi matang di atas kompor minyak, selalu ada gerakan olahraga yang bisa dilakukan. Semangat ya!

(Visited 181 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.