Yuk Pelajari Cara Diet Sehat Orang Belgia

Pentingkah Konsumsi Vitamin dan Supplement
Pentingkah Mengkonsumsi Vitamin dan Supplement Untuk Tubuh?
November 2, 2017
Bisnis Franchise Ice Cream Roll
Yuk Intip Peluang Bisnis Franchise Ice Cream Roll
November 2, 2017
Show all
Cara Diet Sehat Orang Belgia

Cara Diet Sehat Orang Belgia (Image source : scoopo.com.au)

Sejujurnya, saat membayangkan makanan sehat, makanan Belgia pasti tidak akan terlintas secara otomatis di kepala Anda. Belgia terkenal dengan cokelat dan wafelnya yang mengandung banyak gula. Jika kita saja tidak bisa menolaknya, bagaimana dengan orang-orang Belgia sana yang setiap harinya menyantap dua jenis makanan itu? Pada tahun 2015 lalu, sebuah survey global yang diadakan oleh The Lancet Global mencatat Belgia sebagai negara dengan diet terburuk nomor 3 di dunia (survey diikuti oleh total 169 negara dari seluruh dunia). Namun baru-baru ini, Belgia tampaknya berusaha memperbaiki pola makan mereka. Pola yang dikenal dengan nama Belgian Food Pyramid ini diungkap pertama kali oleh Flemish Institute for Healthy Living dan langsung menarik perhatian dunia. Beberapa situs kesehatan menilai banyak negara harus mulai mengikuti pola makan ini. Apalagi, dalam aturan makan barunya ini, orang-orang Belgia sama sekali tidak meninggalkan manisnya cokelat atau karbohidrat dalam wafel. Bagaimana caranya diet sehat orang Belgia?

Diet Sehat Orang Belgia Dicocokkan Dengan Pola Makan

Ada banyak cara untuk makan sehat, tapi kebanyakan ahli akan setuju bahwa permen, kentang goreng, bir, dan daging harus dikonsumsi seminimal mungkin. Piramida makanan baru Belgia menempatkan setiap jenis makanan itu pada waktu yang tepat, sementara sayuran dan biji-bijian dimaksimalkan konsumsinya.

Hasilnya adalah “model realistis yang sesuai dengan budaya makanan Flemish (orang-orang Belgia)” tapi juga bisa berjalan dengan baik untuk orang di luar Belgia. Bagian terbesar piramida makan Belgia adalah makanan yang terdiri dari unsur nabati. Dimana, terdiri dari buah-buahan dan sayuran, kacang-kacangan, tahu, roti gandum dan pasta, kacang-kacangan dan biji-bijian. Meski terdengar membosankan karena terlalu banyak mengkonsumsi unsur nabati, kalau Anda mau berkreasi dengan kompor gas, kompor alumunium dan oven portable Anda, semuanya bisa disulap menjadi santapan yang tak kalah lezat dengan unsur hewani.

Diet Sehat Orang Belgia Dengan Tiga Tingkatan Piramida Makanan

3 Tingkatan Piramida Makanan

(Image source : lifehacker.com)

Para ahli membagi panduan ini menjadi tiga bagian. Tingkat atas terdiri dari makanan yang harus Anda konsumsi setiap kali makan. Makanan tersebut termasuk buah-buahan, sayuran, kacang polong, biji-bijian, kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak nabati; tingkat menengah termasuk makanan yang harus Anda makan sekitar sekali per hari, seperti ikan, produk susu, telur, dan ayam; dan daftar tingkat bawah tarif yang harus Anda makan kadang-kadang, seperti daging merah dan mentega. Mengurangi konsumsi produk daging ini sekaligus dimaksudkan untuk menjaga keseimbangan ekosistem alam.

Lingkaran merah besar berisi makanan cepat saji seperti pizza, kentang goreng, makanan pencuci mulut, daging olahan, dan minuman beralkohol harus dihindari atau dikurangi konsumsinya. Ini artinya, Anda tidak harus mengurangi jadwal kumpul-kumpul mingguan dengan teman-teman Anda karena batasan makanan ini.

Meskipun rekomendasi ini mungkin terdengar asing bagi kebanyakan orang di luar Belgia, piramida Belgia memiliki satu perbedaan utama dari panduan makanan khas Amerika. Misalnya, mereka membedakan sumber protein nabati, seperti kacang dan kacang-kacangan, dari daging. Diet ini juga memprioritaskan daging mana yang harus dimakan lebih sering dan mana yang sebaiknya dimakan sesekali. Serta, merekomendasikan untuk mengkonsumsi lebih sedikit produk susu (sekitar sekali per hari dan bukan sekali per makanan) dan jangan lupa air! The Flemish Institute menyarankan untuk mengkonsumsi banyak sepanjang hari karena sebagian besar komponen penyusun tubuh kita adalah air. Kalaupun tidak air putih, Anda bisa menggantinya dengan teh atau kopi, tentunya dengan sedikit gula.

 

(Visited 202 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.