Manfaat Arang Bambu, Si Hitam Yang Serbaguna

Ini 8 Makanan Yang Bisa Dimasak Dengan Oven Aluminium
Ini 8 Makanan Yang Bisa Di Masak Dengan Oven Aluminium
September 22, 2017
Ini 5 Gerakan Olahraga Yang Mudah DIlakukan di Dapur
Ini 5 Gerakan Olahraga Mudah Yang Bisa Dilakukan Di Dapur
September 22, 2017
Show all
Manfaat Arang Bambu Yang Serbaguna

Image source : arangbambunusantara.blogspot.co.id/

Jika menyebut arang, yang pertama kali muncul di benak Anda pasti memanggang. Tapi siapa sangka, ternyata arang atau tepatnya arang yang terbuat dari bambu memiliki khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk itu, simak manfaat arang bambu dan panduan untuk mengkonsumsinya dibawah ini.

Keamanan Konsumsi Arang Bambu

Dengan Pengolahan Yang Tepat, Arang Bambu Aman Untuk Dikonsumsi

Dengan Pengolahan Yang Tepat, Arang Bambu Aman Untuk Dikonsumsi

Satu hal yang harus diluruskan, arang yang banyak digunakan sebagai pewarna makanan tidak sama dengan arang sisa hasil pembakaran. Selain terbuat dari bambu, arang juga bisa dibuat dari batok kelapa, biji zaitun, dan kayu jati, yang sudah melalui tahap proses pemurnian sehingga tidak mengandung zat kimia lain.

Untuk membuat arang bambu yang aktif dan aman untuk dikonsumsi, bambu dibakar dengan suhu mencapai 800 derahat celcius, lalu diberi tekanan dan udara hingga hancur dan penuh dengan dengan pori-pori. Ini membuat struktur permukaan arang dapat menyerap zat lain dengan sangat mudah.

Menurut American Academy of Pediatrics, arang bambu aktif termasuk dalam bahan terbaik untuk membantu mengatasi gangguan sistem pencernaan akibat tak sengaja menelan makanan atau minuman kotor yang mengandung racun atau bakteri. Jadi, obat berwarna hitam yang diberikan ketika Anda keracunan makanan, diare, atau muntah, sebenarnya adalah arang aktif.

Konsumsi arang bambu masih aman bila dalam jumlah kecil dan sesuai anjuran. Tapi meski bisa memberikan manfaat seperti di atas, arang bambu sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu sering, karena khawatir akan ikut menyerap zat gizi dan nutrisi lain yang bermanfaat untuk tubuh. Tak mau kan kalau Anda sampai kekurangan gizi?

Manfaat Arang Bambu Untuk Kesehatan

Dibalik warna hitamnya, ada manfaat kesehatan lain yang bisa Anda dapatkan dari arang bambu, seperti:

  1. Memurnikan Air

Arang Bambu Bisa Digunakan Untuk Memurnikan Air

Arang Bambu Bisa Digunakan Untuk Memurnikan Air

Meski sudah disaring dengan berbagai alat rumah tangga, kualitas air di rumah masih tetap kurang baik? Anda bisa mencoba manfaat arang bambu yang secara alami mengandung anti-bakteri, anti-jamur, kalium, magnesium, sodium, dan kalsium. Tak hanya bisa menyerap 2,4 dikloro-hydroxybenzene yang dianggap sebagai polutan paling berbahaya dalam air minum, arang bambu juga bisa menghilangkan kehadiran zat berbahaya seperti klorin atau kloroform. Manfaat arang bambu ini cocok untuk Anda yang tinggal di daerah dengan kualitas air yang kurang baik atau untuk Anda yang sering melakukan aktifitas outdoor seperti hiking atau camping.

Anda bisa memasukkan potongan arang bambu ke dalam air minum yang sebelumnya sudah dimasak di atas kompor gas atau kompor minyak. Psst, ada yang bilang teh rasanya jadi lebih enak bila diseduh dengan air arang bambu. Benar tidak ya?

  1. Menjernihkan Rambu Dan Kulit

Arang Bambu - Menjernihkan Rambut dan Kulit

Arang Bambu – Menjernihkan Rambut dan Kulit

Khasiat arang bambu untuk kecantikan juga cukup luar biasa, lho. Tak heran kalau banyak merek produk kecantikan yang menawarkan masker kulit atau produk perawatan rambut yang mengandung arang aktif. Anda juga bisa mencoba sendiri khasiat arang bambu di rumah, dengan cara:

Masker Pencerah Kulit. Campurkan sesendok teh bubuk arang bambu dengan air hangat dalam alat rumah tangga seperti mangkuk atau gelas, hingga tekstur menyerupai pasta. Tambahkan sesendok teh madu, lalu aduk rata sebelum mengoleskan campuran secara merata pada kulit wajah. Diamkan selama 5 hingga 10 menit, lalu bilas bersih dengan air hangat.

Detox Shampoo. Tambahkan sesendok teh bubuk arang aktif pada shampoo yang akan Anda gunakan, lalu cuci rambut seperti biasa. Untuk rambut yang berwarna terang, sebaiknya bilas rambut dua kali untuk menghilangkan bekas warna arang yang menempel.

Scrub Badan. Tinggal tambahkan 1 sendok makan bubuk arang bambu pada scrub yang biasa Anda gunakan, atau campurkan dengan 1 sendok teh gula dan madu secukupnya hingga membentuk tekstur seperti scrub.

Meski bisa membuat kulit dan rambut bersih hingga ke dalam pori-pori, produk arang bambu sebaiknya hanya digunakan sesekali saja agar zat penting lain yang diperlukan oleh tubuh tidak ikut terserap.

  1. Melawan Bau

Arang Bambu - Melawan Bau

Arang Bambu – Melawan Bau

Tempatkan potongan atau bubuk arang bambu untuk menyerap dan mengurai bau yang sering timbul di dekat tempat sampah, di dalam lemari es, atau di dalam gudang penyimpanan alat rumah tangga. Meletakkan potongan arang bambu di dalam sepatu juga bisa menyerap bau tidak sedap akibat pemakaian, lho.

  1. Membersihkan Udara

Arang Bambu - Membersihkan Udara

Arang Bambu – Membersihkan Udara

Manfaat arang bambu ini bisa menjadi solusi instan untuk membersihkan udara. Udara yang bersih, sehat, dan tidak lembab akan sangat mempengaruhi kualitas kesehatan Anda. Arang bambu akan menghilangkan kandungan berbahaya di udara seperti asap rokok, nikotin, amonia, formaldehida, dan benzene, sehingga udara di ruangan akan menjadi lebih bersih, tidak berbau, serta terjaga kadar kelembabannya. Wajib dicoba untuk digunakan pada ruangan yang kurang terkena sinar matahari atau berbatasan dengan kamar mandi.

  1. Melancarkan Sistem Sirkulasi Darah

Arang Bambu - Melancarkan Sirkulasi Darah

Arang Bambu – Melancarkan Sirkulasi Darah

Setelah lelah memanggang kue di oven aluminium atau berkreasi menciptakan masakan dengan bantuan kompor gas atau kompor minyak, memang paling enak berbaring di tempat tidur. Apalagi kalau Anda menaruh arang bambu di bawah tempat tidur atau di dalam bantal, radiasi infra merah yang dikeluarkan bisa melancarkan sistem sirkulasi darah serta mengurangi rasa sakit akibat posisi tidur yang salah.

  1. Menghilangkan Racun Serangga dan Ular

Arang Bambu - Menghilangkan Racun Serangga

Arang Bambu – Menghilangkan Racun Serangga

Racun dari gigitan serangga bisa menyebabkan rasa gatal, iritasi, demam, dan gejala parah lainnya. Untuk mengatasinya, segera kompres area bekas gigitan dengan kain yang sudah direndam dalam air arang bambu. Sedangkan bila digigit ular, selain dikompres juga perlu ditambah dengan meminum pil atau bubuk arang aktif.

  1. Menurunkan Kolesterol

Arang Bambu Membantu Menurunkan Kolesterol

Arang Bambu Membantu Menurunkan Kolesterol

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal kesehatan Inggris, The Lance, pasien dengan kadar kolesterol tinggi yang mengkonsumsi 2 sendok makan (8 gram) arang aktif sebanyak 3 kali sehari selama empat minggu, kadar kolesterol total turun 25%, kolesterol LDL turun 41%, sedangkan kadar HDL atau kolesterol baik meningkat hingga dua kali lipat.

Ingat ya, hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung arang bambu bila Anda sedang minum obat. Pastikan juga kalau Anda menggunakan arang bambu dengan kualitas terbaik yang aman untuk dikonsumsi.

(Visited 1.554 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.