Yuk Pelajari 8 Kebiasaan Orang Jepang Agar Awet Muda!

cara menyimpan dan mengolah daging
Ini Loh Cara yang Benar Menyimpan dan Mengolah Daging!
Oktober 20, 2017
Jenis Potongan Daing untuk Steak
Yuk Ketahui 7 Jenis Potongan Daging Untuk Steak
Oktober 20, 2017
Show all
Intip Kebiasaan Orang Jepang Agar Awet Muda

Intip Kebiasaan Orang Jepang Agar Awet Muda (Image source : cbc.ca)

Jepang terkenal dengan sushi, kosmetik dan teknologi mutakhirnya. Tapi ternyata bukan itu semua yang membuat orang-orang Jepang memiliki harapan hidup paling tinggi di dunia. Anda juga bisa mempelajari kebiasaan orang Jepang dibawah ini.

  1. Kebiasaan Orang Jepang Banyak Makan Sayur, Ikan dan Tahu

Pola hidup ini diterapkan dari kecil oleh warga Jepang. Terkesan sederhana ya? Bahkan mungkin Anda berpikiran ini layaknya makanan desa. Tetapi ketiga bahan tersebut terbukti menyeimbangkan lemak dalam tubuh.

  1. Kebiasaan Orang Jepang Mengurangi Makanan Manis

Kalau Anda gemar ke restoran Jepang, Anda pasti tidak akan menemui makanan yang rasanya sangat manis bahkan untuk dessert-nya sekalipun. Sebagai gantinya, orang Jepang memilih buah-buahan sebagai hidangan penutup yang kaya serat.

  1. Kebiasaan Orang Jepang Mengkonsumsi Nori

Sushi yang berbalut nori memang lezat. Ternyata kandungan gizi di setiap lembar rumput laut ini sangat tinggi. Bahan makanan yang wajib ada di sup ini mengandung serat yang dapat mencegah penumpukan lemak di dalam tubuh. Selain itu, rumput laut juga kaya akan kalsium dan zat besi yang penting bagi kesehatan.

  1. Ocha

Yup, minuman yang biasanya bisa di refill ini ternyata cukup ampuh menggelontorkan lemak-lemak yang Anda makan. Teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, yang menghambat penuaan dini. Dikutip dari Reader’s Digest, the khas Jepang ini dapat memerangi radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh karena memicu sel kanker. Selain itu, ocha juga mengandung vitamin C dan E yang mencegah kerusakan sel.

  1. Jalan kaki

Ketimbang naik mobil, orang Jepang lebih suka berjalan kaki kemana-mana. Tertatanya kota-kota di Jepang serta transportasi yang memadahi membuat warganya nyaman melangkahkan kaki kemana saja. Berkat kegemaran ini, mayoritas orang Jepang memiliki jantung yang sehat. Dan bila diamati lebih lanjut, Anda akan jarang bertemu orang Jepang yang bertubuh gemuk!

  1. Makan dengan porsi sedikit

Di negeri matahari terbit, tidak ada istilah makan kenyang. Sejak kecil, orang Jepang telah terbiasa makan dalam porsi kecil namun kaya nutrisi. Alhasil tingkat obesitas di negeri Sakura ini hanya 3.5 persen, lho!

  1. Rebusan atau Panggangan

Kalau kompor gas Anda sering digunakan untuk menggoreng, lain halnya dengan orang Jepang. Baik ramen, ayam teriyaki maupun sushi, semuanya tidak melibatkan penggorengan. Masakan Jepang umumnya menggunakan teknik olahan rebus atau panggang/grill sehingga minim minyak. Bahkan beberapa jenis ikan pun dimakan dalam keadaan mentah! Selain itu, teknik ini juga menjaga nutrisinya agar tidak hilang.

  1. Kesadaran Tinggi Akan Pentingnya Kesehatan

Dilansir Trubus, Jepang memiliki sistem kesehatan yang terbaik di dunia. Bahkan pemerintahnya memberikan subsidi hingga 70 persen untuk warganya yang tidak mampu berobat. Hal ini pula yang menyebabkan tingkat resiko terjangkit penyakit mematikan di Jepang sangat rendah.

Nah, setelah mengetahui rahasia awet muda orang Jepang, yuk kita terapkan hidup sehat ala orang di negeri Sakura.

(Visited 98 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.