Yuk, Kenalan Dengan 5 Chef Wanita Yang Sukses Menggebrak Dunia Kuliner

Simak 25 Istilah Dasar Memasak Ini versi Hokinda Citralestari
25 Istilah Memasak Di Buku Resep Yang Sering Bikin Bingung
Oktober 1, 2017
Pengantin Baru Wajib Punya 15 Alat Masak Dasar Ini
15 Alat Masak Dasar Yang Wajib Dimiliki Pengantin Baru!
Oktober 1, 2017
Show all
Yuk Kenalan Dengan 5 Chef Wanita Yang Sukses Menggebrak Dunia Kuliner

Image source: haccp-kulinaria.com

Anda mungkin merasa heran, peran memasak nyaris identik dengan wanita, tapi mengapa nama chef wanita jarang sekali terdengar?

Ini karena pada awalnya, wanita dianggap kurang sesuai untuk menangani tugas yang rumit di dapur restoran kelas atas, serta mengatur para staff dengan “tangan besi”. Bahkan hingga tahun 1970an, banyak sekolah kuliner ternama yang tidak menerima murid wanita, lho.

Kemudian mulai bermunculan chef wanita yang bekerja dengan ulet dan gigih untuk bertahan di industri kuliner yang didominasi oleh pria. Keuletan mereka berhasil menggebrak dunia kuliner dengan keunikan gaya serta kreativitas dalam seni memasak. Siapa saja mereka?

  1. Julia Child

Chef Wanita - Julia Child

Image source: qz.com

Chef wanita asal Amerika Serikat ini dikenal sebagai legenda dalam dunia memasak, karena berhasil mempopulerkan hidangan Perancis serta membuat semua orang bisa merasakan kenikmatan masakan ala gourmet di rumah. Dengan kepercayaan diri dan kegigihannya di balik kompor gas, ia tak pernah lelah bereksperimen untuk menghadirkan hidangan terbaik.

Semangat Julia tak hanya berhasil membawanya menjadi chef wanita terkenal sekaligus penulis buku masakan Perancis yang sukses, ia juga menjadi bintang acara memasak paling pertama di televisi, yaitu The French Chef. Acara ini kemudian menjadi ikon dan pondasi bagi program serupa lain hingga saat ini.

  1. Alice Waters

Chef Wanita - Alice Waters

Image source: thirteen.org

Chef wanita yang dikenal sebagai penemu California Cuisine ini sukses menggabungkan teknik memasak Perancis dengan produk dan bahan lokal. Pada tahun 1971, Alice yang bekerja sama dengan petani dan peternak lokal, membuka restoran Chez Panisse untuk menawarkan hidangan istimewa yang terbuat dari produk organik lokal terbaik.

Di tahun 1992, Chez Panisse menyabet penghargaan Best Restaurant of the Year, dan Alice menjadi chef wanita pertama yang memenangkan the James Beard Award for Outstanding Chef. Berkat kepiawaiannya bekerja dengan kompor gas dan oven gas portable, Alice juga berhasil mengenalkan tren makanan organik ke seluruh dunia.

  1. Clare Smyth

Chef Wanita - Clare Smyth

Image source: twitter.com

Ketertarikan Clare terhadap dunia kuliner berawal di usia 15 tahun, saat ia bekerja di sebuah restoran sebagai juru masak sementara. Berkat kerja keras dan standarnya yang tinggi, ia sekarang menduduki posisi head chef di Restaurant Gordon Ramsay, dan menjadi satu-satunya chef wanita di Inggris yang memegang tiga bintang Michelin.

  1. Cristeta Comerford

Chef Wanita - Cristeta Comerford

Image source: iodonna.it

Wanita yang berasal dari Filipina ini rela merantau ke Amerika Serikat demi merintis karier kulinernya dari dasar. Meski di awal harus berkutat dengan pekerjaan membersihkan kompor gas dan bak cuci piring, semangatnya untuk sukses berhasil membawanya menjadi juru masak sukses di sebuah hotel di Chicago.

Kepandaiannya dalam memasak terdengar oleh telinga Bill Clinton yang kala itu menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat. Cristeta Comerford kemudian dipanggil untuk menjadi chef wanita keturunan Asia pertama yang terpilih sebagai White House Executive Chef.

Mantan ibu negara Michelle Obama bahkan pernah menyatakan bahwa ia sangat terkesan dengan kreativitas Cristeta. Apresiasi Ini yang menjadi motivasi Cristeta  mendorongnya untuk terus berkarya dalam meracik makanan sehat.

  1. Rachael Ray

Chef Wanita - Rachael Ray

Image source: Rachaelray.com

Meski tak punya restoran sendiri, Rachael Ray menjadi chef wanita yang sukses memberikan inspirasi memasak dan gaya hidup. Kepribadian dan hasratnya akan dunia kuliner dituangkan ke dalam beberapa buku masakan yang laris terjual. Di buku resepnya, Rachel Ray membagikan resep mudah untuk membuat masakan sehat dan lezat dengan menggunakan kompor gas di rumah.

Ia ingin menunjukkan pada dunia bahwa peran wanita sebagai juru masak di rumah, ternyata bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan bisa dinikmati oleh semua orang.

Hingga saat ini, para chef wanita lain tak pernah berhenti untuk terus memberikan gebrakan baru serta membawa perubahan yang menyegarkan dalam dunia kuliner. Apa Anda mau mengikuti langkah mereka?

 

(Visited 696 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.