Yuk Intip Tips Membuat Roti Panggang Lebih Empuk

Solusi Bagi Anda Yang Malas Membersihkan Rumah
Solusi Bagi Anda Yang Malas Membersihkan Rumah
November 9, 2017
Manfaat Pisang Untuk Anda Yang Suka Olahraga
5 Manfaat Pisang untuk Anda yang Hobi Olahraga
November 10, 2017

Roti sudah dikenal sejak dulu bahkan lebih lama dari manusia menemukan mobil. Bagi peradaban barat roti sudah seperti nasi yang dikonsumsi setiap harinya. Kini roti juga masih diminati dan semakin beragam dengan berbagai rasa dan bahan yang unik. Tak hanya manis saja bahkan Anda juga bisa menemukan roti dengan rasa asin dan pedas. Awalnya roti hanya dikeringkan layaknya kerupuk kemudian digoreng. Teknik membuat roti pun berkembang menjadi dipanggang dengan oven aluminium untuk menciptakan roti panggang lebih empuk dan lebih enak.

Kenapa Roti Yang Dipanggang Lebih  Enak?

Untuk membuat roti tak melulu menggunakan teknik mengukus. Kebanyakan masyarakat memilih untuk membuat roti dengan cara dipanggang. Walaupun oven yang alat memanggang tak dimiliki oleh semua dapur ibu rumah tangga. Ada penjelasan ilmiahnya lo!kenapa roti lebih enak dipanggang ketimbang dengan teknik memasak lainnya. Roti yang dipanggang akan melewati proses Mailard. Proses ini merupakan reaksi kimia antara gula dan asam amino saat dipanggang. Hasilnya roti memiliki aroma dan molekul rasa yang lebih baik serta mengeluarkan furanones serta menciptakan rasa caramel. Apalagi jika Anda memanggang roti pada suhu 110 – 170 derajad celcius.

 Macam-Macam Roti Yang Perlu Dipanggang

Ada beraneka jenis roti yang melalui proses pemagangan diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Cupcake

Roti ini pertama kali ditemukan pada abad ke -19 di Amerika Serikat. Dahulunya lebih dikenal dengan roti 1234 sebab hanya memiliki 4 bahan dalam pembuatannya.

  • Muffin

Muffin dipopulerkan oleh Inggris saat zaman Victoria. Biasanya roti ini dinikmati ketika musim dingin dan ditemani dnegan secangkir teh hangat. Untuk menikmatinya Anda perlu menyobeknya kemudian diolesi mentega baru dipanggang.

  • Bolu

Roti bolu ini memang cukup dikenal di Indonesia bahkan kini menjadi hits tersendiri. Pembuatan bolu ada yang melalui proses pemanggangan namun ada pula yang dikukus. Ada yang menyebutnya sebagai sponge cake karena seratnya menyerupai spon.

  • Black Forest

Jika jalan – jalan ke Jerman pastikan Anda mncoba black forest  sebab di negara inilah roti jenis ini tercipta. Roti dengan balutan cream putih dan taburan cokelat serta topping ceri ini juga menjadi salah satu roti yang difavoritkan di Indonesia.

Tips Bikin Roti Panggang Lebih Empuk, Tanpa Gagal!

  • Jangan Lupa Pakai Mentega atau Margarin

Untuk menghindari roti yang lengket pada loyang sebaiknya oleskan mentega atau margarin terlebih dahulu. Hal ini selain mencegah rusaknya roti juga merawat loyang Anda aet digunakan.  Untuk hasil lebih maksimal gunakan kertas roti setelah loyang diolesi margarin atau mentega. Ingat untuk menggunakan margarin yang pas agar pinggiran roti Anda tidak gosong.

  • Pertahankan Ukuran Porposional

Ketika memanggang ingatlah untuk mempertahankan ukuran porposional roti Anda. Jangan isi loyang terlalu penuh. Sisakan sedikit ruang sekitar 1-2 cm agar roti mengembang sempurna. Untuk memperoleh kematangan roti yang merata tidak lupa untuk meratakan permukaan adonan roti Anda.

  • Waktu Itu Penting

Mungkin diantara Anda pernah mendapati roti yang dibuat ambles. Hal ini sebenarnya dikarenakan roti yang Anda buat terlalu cepat dikeluarkan dari oven sebelum waktunya. Roti yang ambles bisa saja karena adonan tak segera masuk oven dan terlalu banyak pengembang. Untuk mengecek roti yang Anda panggang sudah matang atau belum cukup dengan menusuknya memakai lidi. Jika sudah matang maka lidi akan menjadi licin.

  • Atur Suhu Oven Sebaik Mungkin

Jika Anda memanggang roti dengan suhu terlalu tinggi maka bagian dalamnya tidak matang. Jika terlalu rendah maka tak kunjung matang. Atur sebaik mungkin suhu oven agar roti Anda tak retak ataupun rusak. Sebelum dimasukkan ke oven jangan lupa untuk membuat adonan menjadi benar –benar kalis. Anda bisa mengaduknya dan apabila diambil kemudian direntangkan adonan tidak sobek.

  • Jangan Mendinginkan Roti

Roti bisa saja gagal jika Anda buru – buru mendinginkannya setelah keluar dari oven. Apalagi jika Anda mendinginkannya dengan menggunakan kulkas tentu roti akan keras. Untuk mendinginkan roti bairkan secara alami. Anda bisa mendinginkan sebentar sebelum melepas roti Anda dari loyang.

Mudah bukan untuk bikin roti panggang lebih empuk? Ada baiknya ketika membuat roti Anda mempersiapkan alat dan bahan-bahannya.

(Visited 195 times, 1 visits today)

Sign Up For More Article Like This

Comments are closed.